Bank zayan syariah meakukan kerja sama bisnis dengan bapak irfa

Berikut ini adalah pertanyaan dari nuraininazwanuraini pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank zayan syariah meakukan kerja sama bisnis dengan bapak irfa seorang pedagang buku di pasar Jogja menggunakan akad Mudharabah Bank zayan syariah memberikan modal kepada bapak irfa sebesar 10.000.000 dengan Misbah bagi hasil 30%:70% hitunglah pendapatan yang di peroleh bank dan BPK irfa per tanggal 31 Febuari 2009 dengan kesepakatan bagi hasil.......​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Maaf, terdapat beberapa kesalahan dalam pertanyaan yang diajukan. Tanggal 31 Februari tidak mungkin terjadi karena bulan Februari hanya memiliki 28 atau 29 hari (dalam tahun kabisat). Selain itu, juga tidak ada tahun 2009 yang memiliki tanggal 31 Februari.

Namun, sebagai informasi umum, akad mudharabah adalah bentuk kerjasama investasi antara pihak yang menyediakan modal (shahibul maal) dan pihak yang menggunakan modal (mudharib) dengan kesepakatan bagi hasil tertentu. Dalam hal ini, Bank Zayan Syariah berperan sebagai shahibul maal yang memberikan modal kepada Bapak Irfa sebagai mudharib.

Misbah bagi hasil 30%:70% artinya bahwa Bank Zayan Syariah akan memperoleh 30% dari keuntungan bersih yang dihasilkan dari penggunaan modal tersebut, sedangkan Bapak Irfa akan memperoleh 70% dari keuntungan bersih tersebut.

Contoh perhitungan pendapatan berdasarkan kesepakatan bagi hasil tersebut jika diinvestasikan selama satu bulan adalah sebagai berikut:

Jika keuntungan bersih yang dihasilkan selama satu bulan adalah sebesar Rp 2.000.000,- maka:

Pendapatan Bank Zayan Syariah = 30% x Rp 2.000.000,- = Rp 600.000,-

Pendapatan Bapak Irfa = 70% x Rp 2.000.000,- = Rp 1.400.000,-

Namun, perlu diingat bahwa perhitungan pendapatan sebenarnya akan tergantung pada besarnya keuntungan bersih yang dihasilkan oleh Bapak Irfa selama masa investasi berlangsung.

Hallo kaka mau di bantu jawabnya bisa menghubungi no kami +62 821-2652-6626

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pecintasolawatnabi10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 18 May 23