Terangkan mengenai keinginan untuk memperluas pasar dan menambah keuntungan sebagai

Berikut ini adalah pertanyaan dari tiarafitriokt pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Terangkan mengenai keinginan untuk memperluas pasar dan menambah keuntungan sebagai faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional! (HOTS)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Keinginan untuk memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan adalah faktor utama yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan dan negara ingin memperluas pasar mereka:

Pertumbuhan Ekonomi: Dengan memperluas pasar dan menambah keuntungan, perusahaan dan negara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka. Perdagangan internasional memungkinkan perusahaan dan negara untuk mencapai skala ekonomi yang lebih besar, meningkatkan produksi, dan mengurangi biaya produksi. Hal ini akan berdampak positif pada tingkat pertumbuhan ekonomi.

Diversifikasi: Dengan memperluas pasar mereka, perusahaan dan negara dapat diversifikasi risiko. Dengan menjual produk ke pasar yang berbeda, mereka dapat mengurangi risiko tergantung pada pasar yang hanya satu atau beberapa pasar.

Akses ke Sumber Daya: Negara-negara dan perusahaan mungkin memiliki akses terbatas pada sumber daya yang dibutuhkan untuk produksi. Dalam hal ini, perdagangan internasional memungkinkan mereka untuk memperoleh sumber daya yang mereka butuhkan untuk produksi dengan harga yang lebih murah daripada memproduksi sendiri.

Meningkatkan Kemampuan Kompetitif: Melalui perdagangan internasional, perusahaan dan negara dapat belajar dari pesaing mereka dan meningkatkan kemampuan kompetitif mereka. Dengan mengekspos diri mereka pada pasar global, mereka dapat belajar tentang inovasi baru, teknologi, dan praktik bisnis terbaik yang dapat meningkatkan daya saing mereka.


Dengan demikian, keinginan untuk memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan merupakan faktor penting yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Perdagangan internasional memungkinkan perusahaan dan negara untuk mencapai skala ekonomi yang lebih besar, diversifikasi risiko, mengakses sumber daya yang lebih murah, dan meningkatkan kemampuan kompetitif mereka

Semoga membantu :)
Jika puas, jadikan Jawaban Tercerdas yaa...

- From Raihan's Write
------------------------------------------------------------
> Yang mau Donasi seikhlasnya:
https://saweria.co/raihanswrite
"Sekecil apapun donasimu, sangat besar donasimu bagiku"

> Tanya 1 Soalmu di Whatsapp secara privat, bayar seikhlasnya. Bila tidak paham, jangan bayar.
0859106860833
(Kirim soalmu lewat ketikan, bukan foto atau gambar. Boleh tanya lagi seputar soal yang ditanyakan untuk membuatmu lebih mantap. Saya akan tegas menjawab tidak, bila Saya tidak mengerti)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh RaihansWrite dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Jun 23