Masalah for whom sangat terkait dengan pemasaran/distribusi barang. coba jelaskan!

Berikut ini adalah pertanyaan dari anisanurulx48021 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Masalah for whom sangat terkait dengan pemasaran/distribusi barang. coba jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Mengutip e-modul Ekonomi Kelas X yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, masalah for whom adalah untuk siapa produk tersebut didistribusikan.

Dalam hal ini, masalah pendistribusian menjadi aspek penting yang harus ditata sedemikian rupa agar produk yang dihasilkan benar benar tersalurkan dengan tepat dan dapat memenuhi kebutuhan target.

Permasalahan untuk siapa tidak hanya mengenai siapa yang akan menikmati produk yang dihasilkan tetapi juga mencakup siapa-siapa saja yang akan memperoleh manfaat dengan adanya produksi tersebut termasuk pelaku produksi.

Tidak hanya masalah for whom saja, ada pun masalah pokok ekonomi modern lainnya, yakni what dan how. Berikut penjelasan singkatnya, yaitu:

Masalah for what (apa) adalah mewakili pertanyaan-pertanyaan yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan seperti komoditas apa yang harus diproduksi dan berapa banyak komoditas tersebut diproduksi.

Masalah for how (bagaimana) adalah dalam hal ini, harus dipertimbangkan pelaku, faktor-faktor produksi, dan teknik apa yang digunakan.

Menurut buku Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi yang disusun oleh Mokhtar Sayyid, pemasaran adalah upaya strategis untuk mempertahankan dan juga mengembangkan keberadaan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan baik yang bergerak di bidang jasa maupun barang.

Upaya dari pemasaran dilakukan karena kegiatan inti yang dilakukan oleh pemasaran berkaitan dengan konsumen, sehingga pemasaran diharapkan bisa menjadi wadah untuk bisa berinteraksi antar manusia.

Perkembangan konsep pemasaran terus ditingkatkan hingga abad ke-20 s.d pasca perang dunia ke-2, melalui berbagai kompetisi bisnis telah berhasil mengalami perubahan konsentrasi dari konsep produksi ke pemasaran.

Hal ini juga ditandai dengan berkembangnya berbagai ilmu komunikasi, periklanan dan merek dagang yang memicu perusahaan untuk menjual barang sebanyak mungkin apalagi segmen pasar sudah mulai ramai.

Masalah For Whom Sangat Terkait dengan Pemasaran?

Penjelasan di atas sudah menjelaskan tentang pengertian dari masalah for whom dan juga pemasaran atau distribusi barang.

Apakah masalah for whom memiliki keterkaitan dengan pemasaran? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti yang dikutip dari buku Dasar-Dasar Pemasaran karya Syafrida Hafni Sahir, dkk.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masalah for whom menitikberatkan pada untuk siapa produk ini dijualkan. Pemasaran merupakan upaya untuk menyampaikan informasi tentang produk yang dijual tersebut, termasuk untuk siapakah produk itu ditujukan.

Pada intinya, masalah for whom memiliki keterkaitan dengan pemasaran karena dengan adanya pemasaran, maka barang atau jasa yang diberikan akan tepat mengenai target pasarnya.

Sebaliknya, apabila dalam pemasaran tidak ada tujuan yang jelas untuk siapa barang itu ditujukan, bisa saja hal ini mengakibatkan jumlah target yang diinginkan perusahaan tidak terpenuhi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh maretttttt899 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 23 May 23