pasar monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari zaharaara1609 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pasar monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar monopolistik adalah suatu jenis pasar di mana terdapat beberapa produsen yang menawarkan produk yang serupa, namun tidak sama persis. Produsen-produsen ini memiliki sedikit pengaruh terhadap harga produk karena mereka tidak dapat mengatur harga secara bebas. Di pasar ini, produsen-produsen tersebut bersaing satu sama lain dengan cara mempromosikan produk mereka dan menawarkan variasi produk yang berbeda-beda.

Pasar monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli karena sifatnya yang tidak sama persis dengan kedua jenis pasar tersebut. Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana terdapat banyak produsen dan konsumen, dan setiap produsen menawarkan produk yang sama persis. Di pasar ini, produsen tidak memiliki pengaruh apapun terhadap harga produk karena mereka harus menjual produk mereka pada harga pasar yang telah ditentukan oleh konsumen.

Sementara itu, monopoli adalah pasar di mana hanya ada satu produsen yang menawarkan produk yang unik. Produsen ini memiliki kekuasaan penuh terhadap harga produk karena tidak ada pesaing yang dapat menawarkan produk yang sama.

Jadi, pasar monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli karena sifatnya yang tidak sama persis dengan kedua jenis pasar tersebut. Produsen di pasar monopolistik memiliki sedikit pengaruh terhadap harga produk karena mereka bersaing satu sama lain, tetapi tidak sebesar pengaruh yang dimiliki oleh produsen di pasar monopoli.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dederidwansaja dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 10 Mar 23