2. a. Bagaimanakah peran dan kedudukan BUMN dalam Sistem Perekonomian

Berikut ini adalah pertanyaan dari radinkasumarji pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. a. Bagaimanakah peran dan kedudukan BUMN dalam Sistem PerekonomianIndonesia sesuai yang tercantum dalam PP No 3 Tahun 1983 maupun yang
dijelaskan dalam penjabaran Demokrasi Ekonomi oleh Ikatan Ekonomi
Indonesia (ISEI) ?
b. Menurut Sdr, bagaimana langkah pemerintah untuk mengatur dan
mengoptimalkan peran dan kedudukan BUMN dalam perekonomian Indonesia
sehingga terjadi keselarasan, keserasian dan saling berkesinambungan
diantara semua pihak pelaku ekonomi?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Dalam sistem perekonomian nasional, BUMN berperan dalam memproduksi barang dan/atau jasa yang diperlukan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyatnya. Peran BUMN sebagai pemimpin pemikiran dan/atau pionir di bidang-bidang bisnis yang sebelumnya belum tersentuh oleh sektor swasta dipandang semakin penting.
  2. Dengan cara mengalokasikan dana investasi kepada lima BUMN yang terkena dampak berupa PEN Investasi Pemerintah atau sering disebut dengan IP PEN.

Pembahasan

BUMN mungkin merupakan istilah yang tidak asing lagi. Sebagian besar dari kita telah mendengar banyak tentang apa itu BUMN. BUMN hanyalah sebuah badan usaha milik negara. Sedangkan BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. BUMN merupakan salah satu pelaku ekonomi kunci dalam perekonomian nasional. Badan Usaha Milik Negara, bersama dengan pelaku ekonomi lainnya, terutama sektor swasta dan koperasi, mewujudkan bentuk demokrasi ekonomi yang berkembang secara bertahap dan berkelanjutan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang fungsi BUMN yomemimo.com/tugas/1275385

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 31 Jan 23