Jika Dosan ingin memulai bisnis tanaman yang memerlukan modal awal

Berikut ini adalah pertanyaan dari dzakiehaikal pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika Dosan ingin memulai bisnis tanaman yang memerlukan modal awal sebanyak 450 juta, berapa lamakah periode pengembalian (PP) bisnis tersebut? Diketahui arus kas tahun pertama adalah 100jt, tahun kedua juga 100jt, tahun ketiga 150jt dan tahun keempat 120jt dan tahun kelima 150jt

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk menghitung periode pengembalian (PP) bisnis tersebut, pertama-tama kita perlu menghitung jumlah arus kas yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Dari informasi yang diberikan, jumlah arus kas yang dihasilkan dari tahun pertama hingga tahun kelima adalah 100 juta + 100 juta + 150 juta + 120 juta + 150 juta = 620 juta.

Selanjutnya, kita dapat menghitung periode pengembalian (PP) bisnis tersebut dengan menggunakan rumus PP = Modal awal / Arus kas tahunan rata-rata. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka PP bisnis tersebut adalah 450 juta / (620 juta / 5) = 3,06 tahun. Artinya, periode pengembalian (PP) bisnis tersebut adalah 3,06 tahun.

Perlu diketahui bahwa periode pengembalian (PP) adalah salah satu indikator yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu investasi. PP yang lebih kecil menunjukkan bahwa investasi tersebut akan cepat balik modal, sedangkan PP yang lebih besar menunjukkan bahwa investasi tersebut memerlukan waktu yang lebih lama untuk balik modal. Oleh karena itu, PP yang dihasilkan oleh suatu investasi harus dipertimbangkan dengan seksama sebelum memutuskan untuk melakukan investasi tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ciwanggin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Mar 23