2. Yohanes membeli lima buku pelajaran baru dalam tahun pertama

Berikut ini adalah pertanyaan dari haesereben647 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Yohanes membeli lima buku pelajaran baru dalam tahun pertama ia di perguruan tinggi, dengan harga masing-masing $80. Buku bekas harganya hanya $50 per buku. Ketika toko buku mengumumkan akan ada kenaikan harga sebanyak 10 persen untuk buku baru dan 5 persen untuk buku bekas, ayah Yohanes menawarkan tambahan $40. a. Apa yang terjadi dengan garis anggaran Yohanes? gambarkan perubahan yang terjadi dengan buku baru pada sumbu vertikal b. Apakah Tony lebih untung atau rugi setelah terjadi perubahan harga ini? Jelaskan!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Jumlah uang yang dihabiskan Yohanes untuk membeli lima buku pelajaran baru sebelum ada kenaikan harga adalah $80 x 5 = $400. Setelah terjadi kenaikan harga sebesar 10 persen, maka harga per buku menjadi $88. Oleh karena itu, jika Yohanes masih ingin membeli lima buku pelajaran baru setelah kenaikan harga, maka jumlah uang yang harus dikeluarkan adalah $88 x 5 = $440. Sedangkan untuk buku bekas, harga per buku setelah kenaikan harga 5 persen menjadi $52,50. Ayah Yohanes menambahkan $40, sehingga Yohanes bisa membeli buku bekas sebanyak $40/$52,50 = 0,76 atau 1 buku saja. Dengan demikian, garis anggaran Yohanes bergeser ke kiri dan menjadi lebih curam, karena ia harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli buku pelajaran baru.

b. Tony lebih untung setelah terjadi perubahan harga ini. Jika sebelumnya ia membeli satu buku bekas dengan harga $50, maka setelah terjadi kenaikan harga sebesar 5 persen, harga per buku bekas menjadi $52,50. Ayah Yohanes menawarkan tambahan uang sebesar $40, sehingga Tony bisa membeli buku bekas sebanyak $40/$52,50 = 0,76 atau 1 buku saja. Oleh karena itu, Tony mendapatkan buku bekas dengan harga yang lebih murah daripada sebelumnya, serta masih memiliki sisa uang sebesar $12,50.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Timmithy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 19 Jul 23