3. Setiap pimpinan harus memastikan kinerja dari setiap jajaran di

Berikut ini adalah pertanyaan dari handayaniekaputri999 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Setiap pimpinan harus memastikan kinerja dari setiap jajaran di bawahnya agar produktifdan tercapainya sasaran perusahaan. Untuk itu pimpinan atau manager harus secara
konsisten mengelola SDM-nya dalam melakukan kegiatan operasional secara produktif
dan efektif. Jelaskan pernyataan tersebut menurut pendapat Sdr!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pernyataan tersebut mengacu pada pentingnya manajemen sumber daya manusia (SDM) yang efektif dan produktif di perusahaan. Manajemen SDM termasuk dalam pengelolaan fungsi operasional dan bisnis perusahaan. Manajemen SDM meliputi rekrutmen, seleksi, pengembangan, evaluasi, dan pengembalian sumber daya manusia untuk tujuan produktivitas dan kinerja perusahaan yang baik. Oleh karena itu, penting bagi pimpinan atau manajer untuk mengenali dan memahami kebutuhan operasional dan bisnis perusahaan.

Pimpinan atau manajer harus memastikan bahwa setiap karyawan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai untuk tugas dan tanggung jawab mereka, serta memperoleh dukungan dan motivasi yang optimal dalam melaksanakan tugas mereka. Hal tersebut dapat dicapai dengan pembinaan karyawan, pengembangan keterampilan, serta memfasilitasi jenis pelatihan yang sesuai bagi karyawan agar dapat mengembangkan kemampuan mereka demi pencapaian tujuan perusahaan. Selain itu, manajer atau pimpinan juga perlu memberikan umpan balik (feedback) dan evaluasi untuk memantau kinerja karyawan di semua level.

Penting bagi pimpinan atau manajer untuk memastikan adanya situasi dan kondisi kerja yang mendukung produktivitas, seperti sarana dan prasarana, harmonisasi kerja termasuk dengan anggota tim, dan perhatian yang tepat pada kesejahteraan karyawan. Dengan demikian, karyawan dapat bekerja secara optimal dan menghasilkan kinerja solid demi pencapaian tujuan perusahaan.

Secara keseluruhan, manajemen SDM yang baik, efektif, dan produktif dapat dianggap sebagai fondasi yang kuat untuk keberhasilan perusahaan, dan keterlibatan pimpinan atau manajer dalam hal ini menjadi sangat penting. Pemimpin atau manajer perlu mengelola SDM secara konsisten dan berkelanjutan sehingga kinerja perusahaan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, termasuk mencapai keunggulan bisnis dan bersaing di luar sana dengan efektif dan efisien.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh renjf dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 20 Aug 23