18. Data permintaan suatu komoditas ditunjukkan oleh fungsi beri- kut:

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

18. Data permintaan suatu komoditas ditunjukkan oleh fungsi beri- kut: 3Q-50 + 2P = 0 Fungsi biaya total rata-rata adalah 10 Q + 60 Ditanya: a. Tentukan tingkat output yang akan memaksimumkan pene- rimaan b. Berapa besar penerimaan maksimum tersebut c. Berapa tingkat harga pada saat penerimaan maksimum d. Tentukar tingkat output pada saat laba maksimum e. Berapa besarnya laba maksimum tersebut​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Untuk memaksimumkan penerimaan, tingkat output yang akan ditentukan adalah 20.

b. Penerimaan maksimum tersebut adalah 400.

c. Tingkat harga pada saat penerimaan maksimum adalah 20.

d. Untuk laba maksimum, tingkat output yang akan ditentukan adalah 18.

e. Besar laba maksimum tersebut adalah 360.

Penjelasan:

Untuk memaksimumkan penerimaan, Anda harus menyamakan turunnya biaya total rata-rata dengan turunnya output (3Q-50 + 2P = 0). Dengan demikian, tingkat output yang akan memaksimumkan penerimaan adalah 20.

Penerimaan maksimum tersebut merupakan produk dari tingkat harga dan tingkat output yang ditentukan, yaitu 20 kali 20, atau 400.

Tingkat harga pada saat penerimaan maksimum adalah 20, sebagaimana dihitung di atas.

Untuk memaksimumkan laba, Anda harus menyamakan kenaikan biaya total rata-rata dengan kenaikan output (10Q + 60). Dengan demikian, tingkat output yang akan memaksimumkan laba adalah 18.

Besar laba maksimum tersebut adalah produk dari tingkat harga dan tingkat output yang ditentukan, yaitu 20 kali 18, atau 360.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh brianherlambang2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Mar 23