Kerjakan sesuai perintah! Setiap negara memiliki mata uang masing-masing. Begitu pula

Berikut ini adalah pertanyaan dari raisya8671gvh pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kerjakan sesuai perintah!Setiap negara memiliki mata uang masing-masing. Begitu pula dengan Indonesia. Mata uang
Indonesia adalah rupiah. Apa tujuan penggunaan mata uang? Bagaimana pula sejarah mata
uang rupiah? Jawab dan diskusikan pertanyaan tersebut dengan teman semeja Anda! Tulis
hasilnya di buku tugas!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tujuan penggunaan mata uang adalah sebagai alat tukar untuk memudahkan transaksi ekonomi antara individu dan bisnis. Dengan adanya mata uang, individu dan bisnis dapat membeli dan menjual barang atau jasa tanpa harus melakukan pertukaran langsung seperti sistem barter.

Sejarah mata uang rupiah dimulai pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada saat itu, Belanda menggunakan gulden sebagai mata uangnya. Setelah kemerdekaan Indonesia, rupiah resmi diperkenalkan sebagai mata uang Indonesia pada tahun 1949. Pada awalnya, rupiah dikeluarkan dalam bentuk kertas dengan nilai nominal yang berbeda-beda. Namun, seiring perkembangan waktu, rupiah juga dikeluarkan dalam bentuk koin.

Sejak saat itu, rupiah terus mengalami perubahan dalam bentuk dan nilai nominalnya, tergantung pada keadaan ekonomi dan politik Indonesia. Hari ini, rupiah merupakan mata uang resmi Indonesia yang digunakan dalam semua transaksi ekonomi di Indonesia, baik itu dalam bisnis, perdagangan, atau kegiatan sehari-hari.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh iy9836980 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 12 Jun 23