banyak perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik menetapkan angaaran iklan mereka

Berikut ini adalah pertanyaan dari aguu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

banyak perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik menetapkan angaaran iklan mereka dalam persentase yang tetap di luar perkiraan penjualan mereka.apakah ini berarti bahwa perusahaan tersebut berperilaku tidak memaksimumkan labanya.mengapa?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Banyak perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik menetapkan anggaran iklan mereka dalam persentase yang tetap di luar perkiraan penjualan mereka dan perilaku tersebut tidak memaksimumkan labanya, karena di dalam persaingan ini harga bukanlah penentu utama akan tetapi keunikan dari produk tersebutlah yang menjadi unggulan, sehingga promosi-promosi yang aktif yang dibutuhkan produsen.

Penjelasan:

Pasar adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam sebuah pasar tersebut terdapat dua persaingan yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Dalam pasar persaingan tidak sempurna terdapat jenis persaingan yang dinamakan dengan nama persaingan monopolistik. Akan tetapi karena sistem yang terdapat pada pasar ini hampir mendekati ke bentuk pasar persaingan sempurna. Yang dimaksud dengan pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang mempunyai banyak konsumen yang menghasilkan komoditas yang berbeda-beda. Perbedaan ini bisa dari bentuk kualitas barang, bentuk barang, ukuran barang dan lain sebagainya. Dengan adanya perbandingan inilah yang membedakan produk yang satu dengan yang lainnya.

Persaingan yang ada di pasar ini merupakan persaingan berupa promosi penjualan dan diferensiasi produk.

  • Diferensiasi produk, merupakan perbedaan dari sebuah bentuk produk, seperti bentuk, warna, ukuran, kualitas dan lain sebagainya. Akan tetapi untuk menarik perhatian para konsumen, para produsen membuat produknya dengan bentuk yang menarik.
  • Promosi iklan, keunikan dari sebuah iklan yang terdapat pada persaingan ini merupakan sebuah keunggulan, oleh sebab itulah para produsen dituntut untuk selalu aktif dalam mempromosikan barang-barang mereka. Biaya iklan tersebut merupakan bentuk pemborosan, dan untuk itu para produsen menaikkan biaya pada produk tersebut. Akan tetapi dari dampak negatif tersebut bahwa iklan dapat mendorong produsen untuk meningkatkan mutu produksinya dan mutu dari produk inilah yang menjadi hal yang perlu ditonjolkan dari bentuk pasar persaingan monopolistik.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang yang dimaksud dengan Pasar dapat dilihat pada yomemimo.com/tugas/3067527

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ekaboz17 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 01 Jul 22