Untuk memeriksa kebenaran saldo atas bank auditor dapat melakukan .....

Berikut ini adalah pertanyaan dari djabal3107 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Untuk memeriksa kebenaran saldo atas bank auditor dapat melakukan .....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Inspeksi

Dilansir dari Accounting Hub, inspeksi adalah prosedur audit berupa pemeriksaan secara keseluruhan atau terperinci terhadap dokumen, catatan atau kondisi fisik sesuatu yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Pemerikasaan terhadap dokumen atau catatan ini dimaksudkan agar seorang auditor dapat menentukan ketetapan persyaratan, faktur dan dokumen penting lainnya. Dengan inspeksi ini maka selanjutnya dapat dilakukannya evaluasi.

Proses ini dikenal sebagai vouching dan merupakan bagian penting dari Test of Controls dan Test of Details suatu perusahaan yang dilakukan oleh auditor.

Pengamatan

Observasi dalam prosedur audit adalah proses dimana auditor mengamati proses dan prosedur yang dilakukan oleh klien untuk mengetahui bagaimana proses bekerjan mereka.

Hal ini juga dilakukan untuk mengetahui adanya kelemahan dengan prosedur yang dijalankan dan menjadi catatan untuk auditor.

Pengamatan ini merupakan bagian yang penting untuk laporan mengenai pemahaman pengendalian internal. Sebab itulah pengamatan harus dilakukan oleh seorang auditor sebgai teknik dari prosedur audit.

Konfirmasi

Selanjutnya, kegiatan dalam prosedur audit adalah konfirmasi yang merupakan penyelidikan untuk mendapatkan informasi dari pihak lain selain pihak organisasi.

Pada langkah ini, auditor akan memberikan pertanyaan kepada klien yang harus langsung dijawab. Berdasarkan jawaban langsung yang diberikan oleh klien inilah yang nantinya menjadi bukti yang sifatnya objektif karena sumbernya berasal dari luar.

Permintaan Keterangan

Menjadi auditor tentu akan melakukan permintaan keterangan sebagai salah satu prosedur audit di mana tahap ini dilakukan biasanya berupa keterangan secara lisan. Oleh karena itu, keterangan secara lisan ini dapat menjadi bukti yang sifatnya lisan dan nyata.

Permintaan keterangan ini akan melibatkan bagian menejemen atau karyawan. Permintaan keterangan ini biasanya berisikan pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh pihak terkait. Berdasarkan hal ini maka seorang auditor akan mendapatkan bukti lisan.

Penelusuran

Adapun prosedur audit lainnya berupa penelusuran di mana seorang auditor biasanya akan melakukan penelurusan ulang mulai dari awal sampai data dalam dokumen. Dokumen awal ini akan ditelusuri dari tahap awal sampai ke tahap catatan akuntansi.

Prosedur ini nantinya akan memberikan hasil dari kelengkapan data dari catatan akuntansi. Biasanya penelusuran dilakukan terhadap transaksi penjualan seperti keterangan orderan, laporan pengiriman barang, faktur penjualan, transaksi penjualan, dan lain sebagainya.

Perhitungan

Melakukan perhitungan dalam prosedur audit bertujuan untuk mengevaluasi bukti fisik berupa barang yang ada, jumlah kas dan catatan keseluruhan dokumen dengan nomor urut yang telah dicetak.

Perhitungan ini dilakukan untuk mengevalasi bukti fisik kuantitas yang ada dengan pertanggung jawaban catatan yang ada. Maka dari itu, intinya perhitungan dilakukan untuk mengevaluasi bukti dokumenter yang mendukung kelengkapan catatan akuntansi.

Pemeriksaan Bukti Pendukung

Kegiatan selanjutnya pemeriksaan bukti pendukung bagian dari prosedur audit yang juga penting. Prosedur ini meliputi pemilihan ayat jurnal dalam catatan akuntansi.

Teknik ini dilakukan dengan perbandingan antara dokumen dengan catatan akuntansi. Prosedur ini bertujuan untuk memperoleh bukti audit mengenai kebenaran perlakukan akuntansi terhadap transaksi yang terjadi

Pelaksanaan Ulang

Dalam prosedur auditor untuk pelaksanaan ulang ini bisanya dilakukan pengulangan kegiatan yang dilakukan oleh klien.

Salah satu prosedur audit yang penting dilakukan dalam pelaksanaan ulang meliputi premi obligasi, bunga akrual, diskon, beban penyusutan, total jurnal, perhitungan kuantitas dikalikan harga per item yang telah disesuaikan. Pelaksanaan ulang juga dapat dilakukan terhadap proses transaksi tertentu untuk memastikan kembali.

maaf kalo salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saky01gamming dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 06 Dec 22