2. Sejak beberapa dekade yang lalu, para ahli dan manajer

Berikut ini adalah pertanyaan dari JERI67 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Sejak beberapa dekade yang lalu, para ahli dan manajer Sumber Daya Manusia telah meramalkanbahwa permasalahan dan tantangan di bidang MSDM akan terus meningkat bahkan diramalkan
bahwa diperkirakan separuh jabatan yang ada pada saat ini akan berubah, bahkan sekitar 30
persen dari keseluruhan jabatan yang ada akan hilang akibat dari kemajuan tehnologi.
Tugas Anda terkait hal ini :
1. Jelaskan dengan contoh kasus, tiga (3) jabatan atau profesi apa saja yang kemungkinan akan
hilang dan digantikan oleh tehnologi serta alasan logis mengapa hal itu terjadi.
2. Jelaskan hal-hal apa saja yang menyebabkan peran Manajemen sumber daya manusia
menjadi semakin penting dan strategis

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Beberapa contoh jabatan atau profesi yang kemungkinan akan hilang dan digantikan oleh tehnologi adalah:

a. Operator mesin: Dengan semakin canggihnya teknologi dan pengembangan mesin otomatis, kemungkinan operator mesin akan semakin jarang dibutuhkan. Mesin yang dapat bekerja secara otomatis dan tidak memerlukan tenaga manusia akan menjadi pilihan yang lebih efisien bagi perusahaan.

b. Telemarketer: Dengan adanya sistem pemasaran otomatis melalui internet, kemungkinan telemarketer akan semakin jarang dibutuhkan. Pemasaran yang dilakukan secara otomatis akan lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran melalui telepon yang memerlukan banyak tenaga manusia.

c. Penjaga toko: Dengan semakin canggihnya sistem pembayaran otomatis, kemungkinan penjaga toko akan semakin jarang dibutuhkan. Sistem pembayaran otomatis yang tidak memerlukan tenaga manusia akan menjadi pilihan yang lebih efisien bagi perusahaan.

Hal-hal yang menyebabkan peran Manajemen Sumber Daya Manusia menjadi semakin penting dan strategis adalah:

a. Perubahan lingkungan bisnis yang semakin cepat: Lingkungan bisnis yang semakin cepat berubah membutuhkan adanya adaptasi yang cepat pula dari karyawan. Manajemen Sumber Daya Manusia harus dapat mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia agar dapat terus mengikuti perubahan tersebut.

b. Perubahan pola kerja yang semakin cepat: Pola kerja yang semakin cepat berubah membutuhkan adanya adaptasi yang cepat pula dari karyawan. Manajemen Sumber Daya Manusia harus dapat mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia agar dapat terus mengikuti perubahan tersebut.

c. Perubahan pola kepemimpinan yang semakin cepat: Pola kepemimpinan yang semakin cepat berubah membutuhkan adanya adaptasi yang cepat pula dari karyawan. Manajemen Sumber Daya Manusia harus dapat mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia agar dapat terus mengikuti perubahan tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zmiestronoutofficial dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 22 Mar 23