1. Organisasi publik berbeda dengan organisasi privat atau swasta. Organisasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari timothyfajriah pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Organisasi publik berbeda dengan organisasi privat atau swasta. Organisasi publik berada dalampengawasan dari lembaga legislatif di tingkat pusat maupun daerah. Misal, pemerintah pusat daerah
dan pemerintah daerah (kabupaten/kota) tidak dapat menjalankan rencana-rencana kegiatan, proyek,
dan program kecuali setelah rancangan anggaran pendapatan belanja nasional (RAPBN) dan
rancangan anggaran pendapatan belanja Daerah (RAPBD) mendapat persetujuan dari DPR dan DPRD.
Selain itu pimpinan organisasi publik, dalam hal ini kepala daerah (Gubernur, Bupati, Walikota ) harus
memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban setiap tahun pada DPRD. Hal-hal demikian tidak
berlaku pada organisasi privat, yang tidak mendapatkan pengawasan dari lembaga legislatif, baik di
tingkat nasional maupun di tingkat daerah dalam mengambil satu keputusan.
(ADPU 4130/ Modul 4)
Soal: Dari uraian diatas cobalah analisis dengan menggunakan salah satu dari 7 kekhasan Administrasi
Publik dari Caiden mana yang paling cocok untuk pernyataan diatas!
(Petunjuk: Mahasiswa menguraikan dahulu apa saja 7 kekhasan Administrasi Publik dari Caiden,
kemudian berikan analisis kekhasan mana yang paling mendekati untuk pernyataan kasus diatas!)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan Uraiankekhususan administrasi negara menurut Caidenmaka, pernyataan kasus tersebut yang paling mendekati ialah poin nomer 4 yaitu Administrasi negara atau publik memiliki pengecualian. Hal ini dikarenakan terjadi pemberian kewenangan kepada organisasi privat (swasta) atau organisasi lainnya diluar pemerintah untuk ikut serta memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang mana pernyataan ini sesuai dengan pernyataan dalam soal.

Pembahasan:

Kekhususan Administrasi Negaraatau Administrasi Publik menurutGerald E. Ceiden ia mengemukakan ada setidaknya 7 kekhususan Administrasi Negara  yang diantaranya adalah :

1. Kehadirannya tidak bisa dihindari

Artinya eksistensi atau keberadaan administrasi negara lekat dengan eksistensi negara, selama negara masih ada maka administrasi negara pun juga akan tetap ada.

2. Administrasi negara mengharuskan kepatuhan

Administrasi negara memiliki yang namanya monopoli kekuasaan, dimana terajadi pemaksaan kepada penduduknya. Tetapi selama penduduk mematuhi segala ketentuan yang tersedia maka kekuasaan pemaksa tersebut tidak digunakan.

3. Administrasi negara mempunyai prioritas

Dengan adanya bidang cakupan administrasi negara yang memang campuran dan luas, maka dalam rangka melayani kepentingan publik tidak dapat semuanya dilayani atau dipuaskan dalam satu waktu secara bersamaan, tetapi diperlukan suatu skala pemrioritasan. Dimana pelaksanaan pelayanan publik didahului dari yang paling mendesak harus dilakukan adalah yang menjadi prioritas, dengan tetap memegang penilaian secara objektif, dan harus dihindari pemrioritasan atas dasar subjektif.

4. Administrasi negara mempunyai kekecualian

Diperlukan adanya kompetisi, kontrol politik yang baik, sarana swa-koreksi dan kontrol sosial yang baik dari pihak diluar organisasi administrasi negara agar administrasi negara dapat bekerja secara efektif dan efisien, cekatan, serta responsif. Dengan kata lain terjadi pemberian kewenangan kepada organisasi privat (swasta) atau organisasi lainnya diluar pemerintah untuk ikut serta memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

5. Manajemen puncak administrasi negara adalah politik

Pemilihan seorang manajer publik  yang merupakan pejabat politik adalah berdasarkan hasil sebuah proses politik, baik dipilih oleh lembaga perwakilan maupun oleh masyarakat secara langsung. Sehingga semua keputusan yang diambilnya akan cenderung pada sebuah keputusan politik.

6. Penampilan administrasi negara sulit di ukur

Pertanyaan mengenai pelayanan yang diberikan oleh administrasi negara sulit dijawab secara pasti, sebab masing-masing individu atau kelompok masyarakat yang dilayani oleh administrasi negara akan berbeda didalam memberikan penilaian.

7. Lebih banyak harapan yang diletakkan pada administrasi negara

Tujuan utama administrasi publik ialah pemenuhan terhadap pelayanan publik, maka masyarakat akan berharap besar kepada pemerintah untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut administrasi publik pada yomemimo.com/tugas/46352260

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23