Apabila suatu daera mengalami surplus anggaran, akan terdapat sisa atau

Berikut ini adalah pertanyaan dari wirawanyudi9829 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apabila suatu daera mengalami surplus anggaran, akan terdapat sisa atau selisih anggaran APBD. Bagaimana pemerintah mengguanakan sisa anggaran tersebut?​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jawaban pada penjelasan yaa

Penjelasan:

Sisa anggaran APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) adalah selisih antara anggaran yang disetujui dan anggaran yang sebenarnya dikeluarkan. Jika suatu daerah mengalami surplus anggaran, itu berarti pengeluaran anggaran lebih rendah dari yang dianggarkan. Pemerintah daerah dapat menggunakan sisa anggaran tersebut untuk beberapa tujuan, di antaranya:

  1. Menambah belanja di tahun berjalan: Pemerintah daerah dapat menggunakan sisa anggaran untuk menambah belanja pemerintah di tahun yang sama.
  2. Menyelesaikan proyek yang terlambat: Sisa anggaran dapat digunakan untuk menyelesaikan proyek yang terlambat atau belum selesai.
  3. Menambah cadangan: Pemerintah daerah dapat menambah cadangan keuangan untuk menghadapi kemungkinan risiko atau kebutuhan mendesak di masa yang akan datang.
  4. Mengembalikan kepada pemasok: Sisa anggaran dapat digunakan untuk mengembalikan uang kepada pemasok yang telah memenuhi kewajibannya.
  5. Menambah pembiayaan program pembangunan: Pemerintah daerah dapat menggunakan sisa anggaran untuk menambah pembiayaan program pembangunan yang telah disetujui.
  6. Menambah saldo lebih: Sisa anggaran dapat ditambahkan ke saldo lebih yang ada. Saldo lebih merupakan selisih antara pendapatan dan belanja yang disetujui dalam APBD yang belum terpakai.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Farnm23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Apr 23