Ill. PengamatanSetelah kalian mempelajari tentang pendapatan nasional dan pendapatan per

Berikut ini adalah pertanyaan dari irtupamkus1575 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ill. PengamatanSetelah kalian mempelajari tentang pendapatan nasional dan pendapatan per kapita, amatilah kondisi
lingkungan sekitar kalian. Apakah terjadi ketimpangan distribusi pendapatan ataukah sudah merata? Kemudian
berikanlah tanggapan kalian mengenai hal tersebut.
Kondisi Lingkungan
Tanggapan Anda
20
Ekonomi untuk Siswa SMA/MA Kelas XI​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan pengamatan saya yang tinggal di Jakarta, ketimpangan distribusi pendapatan nyata sekali terjadi seperti contoh di area sentra ekonomi SCBD dimana berdiri bangunan tinggi mewah dan megah namun di area belakang kawasan tersebut ditemukan kawasan kumuh yang didiami oleh masyarakat berkekurangan yang memanfaatkan kesempatan dari apapun yang dapat dimanfaatkan dari aktivitas golongan kelas atas yang berdiam atau bekerja di kawasan sentra bisnis tersebut. Pemandangan ketimpangan ini sangat ironis dan banyak ditemui di berbagai pelosok ibu kota.

Memang secara umum di kota-kota besar dimanapun di dunia selalu terdapat kawasan kumuh di sudut-sudut kota tertentu. Hal ini tidak lepas dari pemanfaatan situasi oleh orang-orang/perusahaan tertentu untuk mendapatkan upah murah untuk dipekerjakan sebagai pekerja pribadi maupun pekerja kantor. Sektor ini disebut sebagai sektor informal dimana pendapatan yang didapat oleh golongan di sektor ini tidak terikat dengan norma aturan yang berlaku. Alhasil, terjadilah ketimpangan distribusi pendapatan.

Pembahasan

Ketimpangan distribusi pendapatan terjadi bila pendapatan rata-rata nasional jauh dibawah pendapatan golongan atas di suatu negara. Hal ini mengakibatkan terjadi kemiskinan yang terjadi pada sebagian besar penduduk dengan berpendapatan rendah.

Tingkat kemiskinan akan berakibat buruk bagi perkembangan suatu negara. Kaum miskin karena berdaya beli (konsumsi) rendah maka kontribusi terhadap pembangunan ekonomi akan rendah pula.

Dengan rendahnya daya beli maka produk-produk yang diproduksipun akan mengalami penurunan yang berakibat terganggunya perputaran roda ekonomi suatu negara.

Penduduk yang berpendapatan rendah akan menghasilkan produktifitas yang rendah pula, karena mereka tidak mampu mengakses pendidikan dan pelatihan tingkat lanjut. Dengan demikian, negara yang mengalaminya hanya akan memiliki tenaga kerja yang tidak terampil dan hanya bisa sebagai buruh kasar.

Dengan demikian, suatu negara dengan pendistribusian pendapatan yang timpang akan berpengaruh pada penurunan ekonominya akibat banyak pengangguran karena masyarakatnya banyak yang tidak mendapat pekerjaan.

Lebih lanjut, barang-barang yang dihasilkan oleh negara tersebut juga akan bermutu rendah dan sulit untuk bersaing.

Untuk itu, sangatlah diperlukan tenaga kerja yang terampil dan terdidik untuk memajukan ekonomi suatu negara. Selama terjadi ketimpangan pendistribusian pendapatan yang sangat besar, maka pembangunan suatu negara akan terhambat karenanya.

Penjelasan lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Penyebab Ketimpangan Distribusi Pendapatan yomemimo.com/tugas/5492494

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 20 Nov 22