dampak terhadap perekonomian indonesia bila kuota impor barang semakin

Berikut ini adalah pertanyaan dari inuy23ar pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dampak terhadap perekonomian indonesia bila kuota impor barang semakin bertambah jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dampak terhadap perekonomian Indonesia bila kuota impor barang semakin bertambah:

-Pertumbuhan Ekonomi: Tingginya volume impor barang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan permintaan dan produksi barang domestik.

-Kompetisi Usaha: Peningkatan kuota impor barang dapat memperkuat kompetisi usaha dalam negeri, terutama bagi produsen barang dalam negeri. Hal ini karena tingginya persaingan dapat memaksa produsen dalam negeri untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi.

-Nilai Tukar Rupiah: Peningkatan volume impor barang dapat mempengaruhi nilai tukar rupiah. Bila volume impor barang terus meningkat, maka permintaan terhadap mata uang asing akan meningkat, sehingga nilai tukar rupiah akan melemah.

-Keseimbangan Perdagangan: Peningkatan kuota impor barang dapat mempengaruhi keseimbangan perdagangan. Bila volume impor barang terus meningkat dan ekspor barang tetap rendah, maka akan terjadi defisit perdagangan yang dapat mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan.

-Pendapatan Produsen: Peningkatan kuota impor barang dapat mempengaruhi pendapatan produsen. Bila volume impor barang terus meningkat dan persaingan usaha tinggi, maka harga barang produksi dalam negeri dapat turun sehingga pendapatan produsen dapat terpengaruh.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rakhariza123 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 05 May 23