PT.ABC adalah perusahaan industry manufaktur di Bandung yang menjual produknya

Berikut ini adalah pertanyaan dari jihansapit pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

PT.ABC adalah perusahaan industry manufaktur di Bandung yang menjual produknya ke pasar dalam negeri dan pasar luar negeri. Fungsi permintaan dari masing-masing pasar adalah sebagai berikut: Q1 = 128 -0,4 P1 (pasar dalam negeri) dan Q2 = 72 - 0,1 P2 (pasar luar negeri) Dimana P menunjukkan harga jual dalam satuan dollar/unit, sedangkan Q adalah output yang diukur dalam satuan ribu unit. PT. ABC hanya memiliki sebuah pabrik yang memiliki fungsi biaya total sebagai berikut: TC = 200 + 160Q, dimana TC adalah biaya total yang diukur dalam puluhan ribu dollar. 1. Kondisi-kondisi apa yang diperlukan untuk penetapan diskriminasi harga yang menguntungkan? 2. Berapa tingkat output yang harus dialokasikan ke dalam dua pasar itu agar memaksimumkan keuntungan PT. ABC? Berapa tingkat harga yang harus ditetapkan untuk pasar dalam negeri dan pasar luar negeri? 3. Berapa tingkat keuntungan yang akan diterima oleh PT. ABC sebagai akibat penerapan kebijaksanaan diskriminasi harga itu? 4. Menurut Anda apakah PT. ABC perlu melakukan diskriminasi harga untuk kasus di atas?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Kondisi yang diperlukan untuk penetapan diskriminasi harga yang menguntungkan adalah:

- Adanya pembatasan dalam pengiriman produk ke dua pasar yang berbeda.

- Adanya perbedaan dalam fungsi permintaan antara pasar dalam negeri dan pasar luar negeri.

- Adanya keterbatasan dalam produksi yang membuat perusahaan dapat mengendalikan harga yang ditawarkan.

2. Untuk memaksimumkan keuntungan PT. ABC, tingkat output yang harus dialokasikan ke dalam dua pasar adalah Q1 = 48 ribu unit dan Q2 = 24 ribu unit. Tingkat harga yang harus ditetapkan untuk pasar dalam negeri adalah $320/unit dan tingkat harga yang harus ditetapkan untuk pasar luar negeri adalah $720/unit.

3. Tingkat keuntungan yang akan diterima oleh PT. ABC sebagai akibat penerapan kebijaksanaan diskriminasi harga adalah $15.360.000, diperoleh dari keuntungan dari pasar dalam negeri sebesar $8.000.000 dan keuntungan dari pasar luar negeri sebesar $7.360.000

4. Pada kasus ini, PT. ABC perlu melakukan diskriminasi harga untuk memaksimumkan keuntungan. Karena perusahaan dapat mengendalikan harga yang ditawarkan ke dua pasar yang berbeda dan perbedaan dalam fungsi permintaan antara pasar dalam negeri dan pasar luar negeri. Ini akan memungkinkan perusahaan untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan jika harga yang ditawarkan sama untuk kedua pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sherly12mm01 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Apr 23