2 Bagaimanakah peranan Konvensi Anti Korupsi 2003 (United Nation Convention

Berikut ini adalah pertanyaan dari rimarzkudoe34 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Bagaimanakah peranan Konvensi Anti Korupsi 2003 (United Nation Convention Against CorruptionUNCAC) yang telah diratifikasi dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 terhadap kasus DPO DjokoTjandra?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Peranan dari keikut sertaan Indonesia pada Konvensi United Nation Convention Againts Coruuption (UNCAC) terutama pada kasus DPO Djoko Tjandra adalah Indonesia dapat melakukan kerjasama Internasional dengan negara-negara lain dalam melawan tindakan korupsi dengan melakukan perjanjian Ekstradisi. Dimana pada kasus DPO Djoko Tjandramelarikan dirike luar negeri, sehingga Pemerintah Indonesia memiliki hak akses untuk berkerja sama dengan badan atau organisasi Internasional untuk melakukan penangkapan terhadap DPO Djoko Tjandra.

Pembahasan:

Dengan adanya keberadaan perjanjian Ekstradisi merupakan implementasi atas hukum Internasional, dimana dalam mengatasi kasus pelaku kejahatan korupsi yang melairikan diri ke luar negeri dibutuhkan adanya perjanjian Ekstradisiuntukmemulangkan dan mengadili pelaku di negara asal kejahatan tersebut. Dengan adanya keseriusan pemerintah dalam pemberantasan korupsi, terutama dalam mengatasi pelaku korupsi yang kabur ke luar negeri dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2006 menyatakan keikutsertaan Indonesia pada  Konvensi United Nation Convention Againts Coruuption (UNCAC).

Ekstradisi adalah sebuah upaya dari suatu negara kepada nagara lain agar negara tersebut menyerahkan orang yang dimaksud untuk diadili di negara yang memintanya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Perjanjian Ekstradisi dapat disimak di yomemimo.com/tugas/3337418

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22