Jelaskan dampak kenaikan harga barang substitusi terhadap kurva permintaan​

Berikut ini adalah pertanyaan dari RijalRamadhani pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan dampak kenaikan harga barang substitusi terhadap kurva permintaan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Kenaikan harga barang substitusi, yaitu barang yang dapat digunakan sebagai alternatif atau pengganti dari suatu barang tertentu, dapat mempengaruhi kurva permintaan barang tersebut. Dampak dari kenaikan harga barang substitusi terhadap kurva permintaan adalah sebagai berikut:

Penjelasan:

Menurunkan jumlah permintaan barang: Kenaikan harga barang substitusi akan membuat konsumen beralih ke barang lain yang lebih murah. Hal ini dapat mengurangi jumlah permintaan barang yang mengalami kenaikan harga.

Menggeser kurva permintaan: Kenaikan harga barang substitusi dapat menggeser kurva permintaan barang ke kiri. Hal ini menunjukkan bahwa pada setiap tingkat harga yang diberikan, jumlah barang yang diminta akan lebih sedikit.

Meningkatkan elastisitas permintaan: Kenaikan harga barang substitusi dapat meningkatkan elastisitas permintaan barang yang mengalami kenaikan harga. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen lebih sensitif terhadap perubahan harga dan lebih cenderung untuk mencari barang lain yang lebih murah.

Menurunkan pendapatan produsen: Kenaikan harga barang substitusi dapat mengurangi pendapatan produsen dari barang tersebut karena jumlah permintaan barang menurun. Hal ini dapat mempengaruhi keuntungan perusahaan dan kemampuan mereka untuk mempertahankan harga jual yang tinggi.

Dalam kesimpulannya, kenaikan harga barang substitusi dapat mempengaruhi kurva permintaan dengan menurunkan jumlah permintaan, menggeser kurva permintaan ke kiri, meningkatkan elastisitas permintaan, dan menurunkan pendapatan produsen.

maaf kalau salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cg15invader dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 27 Jun 23