. Di suatu perusahaan diketahui jumlah produksi barang adalah 50

Berikut ini adalah pertanyaan dari aprisaulami pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

. Di suatu perusahaan diketahui jumlah produksi barang adalah 50 Unit, dengan total biaya tetapnya adalah Rp. 3000.000, Hitunglah berapa Biaya tetap rata-ratanya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Biaya tetap atau fixed cost adalah jumlah biaya yang keluar setiap periode dan tidak bergantung pada berlangsung atau tidaknya proses produksi barang atau jasa.

perusahaan diketahui jumlah produksi barang adalah 50 Unit, dengan total biaya tetapnya adalah Rp. 3000.000. jadi biaya tetap rata-ratanya adalah ​Rp. 60.000

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Biaya tetap atau fixed cost adalah jumlah biaya yang keluar setiap periode dan tidak bergantung pada berlangsung atau tidaknya proses produksi barang atau jasa. Contoh biaya tetap adalah biaya sewa gedung, gaji karyawan,pajak, asuransi, biaya cukai (jika pengiriman produk dilakukan ke luar negeri), dan pembayaran pinjaman.  

Biaya produksi adalah biaya yang harus ditanggung dan dikeluarkan dalam pelaksanaan sebuah aktivitas atau kegiatan produksi. Selain biaya  tetap dan biaya variabel terdapat pula:

  1. Biaya total atau total cost adalah seluruh penjumlahan biaya variabel dan biaya tetap yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang setiap waktunya.
  2. Biaya rata-rata atau average cost yaitu biaya yang dikeluarkan per satu unit hasil produksi
  3. Biaya marginal atai marginal cost yaitu biaya yang harus dikeluarkan jika ada tambahan untuk menhasilkan satu unit barang yang telah diproduksi. biaya marginal dikeluarkan jika ada perluasan dan peningkatan kapasitas produksi.

Diketahui

Jumlah produksi barang adalah 50 Unit,

Total biaya tetapnya adalah Rp. 3.000.000,

Ditanya:

Hitunglah berapa Biaya tetap?

jawab:

Cara menghitung Biaya Tetap Rata-rata / Average Fixed Cost (AFC) adalah dengan cara biaya total dibagi dengan jumlah produksi.

jadi Biaya tetap Rata-rata

= Rp. 3.000.000 / 50

= Rp. 60.000

jadi biaya tetap rata-ratanya adalah ​Rp. 60.000

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang kemampuan produsen memilih faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang yomemimo.com/tugas/16223164

#BelajarBersamaBrainly#SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Feb 23