1. Jelaskan perbedaan peran manajer dan karyawan di dalam suatu

Berikut ini adalah pertanyaan dari vanyhs pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan perbedaan peran manajer dan karyawan di dalam suatu organisasi, serta berikan contohnya dalam organisasi publik2. Jelaskan alasan mengapa dalam administrasi publik perlu mempelajari ilmu manajemen, apa hubungan diantara kedua ilmu tersebut.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Saya bantu jawab ya kak:)

Penjelasan:

NO 1 ☟︎︎︎

1. Pemimpin memotivasi, manajer mengarahkan

1. Pemimpin memotivasi, manajer mengarahkanperbedaan manajer dan pemimpin

Manajer bertanggung jawab mengelola dan mengoordinasi tim, serta memastikan kebijakan perusahaan berlangsung sebagaimana mestinya.

Manajer juga menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mencapai target tertentu, serta dapat memprediksi hasil dari langkah tersebut.

Demi memastikan semua itu berjalan mulus, seorang manajer biasanya memiliki bawahan yang akan mengerjakan hal-hal operasional sehari-hari.

Manajer menugaskan tugas dan memberikan panduan tentang cara menyelesaikannya.

Nah, jika seorang manajer cenderung menetapkan tujuan jangka pendek, mendelegasikan tugas, menyelesaikan masalah, dan menegakkan kebijakan, apa perbedaan mereka dengan pemimpin?

Pemimpin tahu bahwa orang-orang yang bekerja untuk mereka memiliki solusi atas masalahnya atau dapat menemukannya sendiri.

Seorang pemimpin juga bisa mengerti bahwa kamu mungkin perlu bantuan untuk menemukan jawabannya.

Namun, mereka tidak secara langsung memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya yang benar.

Alih-alih mengarahkan, pemimpin akan cenderung memfasilitasi atau membantu kamu untuk belajar meningkatkan kinerjamu sendiri.

Pasalnya, seorang pemimpin yang baik dapat melihat orang-orang di sekitar mereka sebagai pekerja yang kompeten dan optimis terhadap potensi mereka.

2. Perbedaan gaya kepemimpinan pemimpin perusahaan dan manajer

Menginspirasi, bukan kekuasaan dan kontrol, adalah perbedaan lainnya yang memisahkan pemimpin dari manajer.

Manajer menjalankan kendali mereka secara formal karena mereka diberikan posisi otoritas oleh perusahaan.

Di sini, manajer akan memberi tahu bawahan apa yang harus dilakukan dan mereka akan mengerjakannya sesuai target dan arahan.

Inilah yang menjadi perbedaan antara manajer dengan pemimpin di perusahaan.

Jika interaksi antara manajer dan bawahannya bersifat transaksional, interaksi antara pemimpin dan seluruh karyawannya cenderung transformasional. Apa maksudnya?

Sebagai salah satu upaya persuasi agar kamu mau percaya dan mengikuti visinya, pemimpin akan menunjukkan bagaimana dengan melangkah bersamanya akan menuntunmu menjadi orang yang lebih baik dengan masa depan yang juga lebih baik.

Singkatnya, kepemimpinan mengacu pada kemampuan seorang individu untuk mempengaruhi, memotivasi, menginspirasi, dan melibatkan orang lain berkontribusi tanpa paksaan terhadap kesuksesan organisasi.

3. Pemimpin adalah pribadi yang unik, manajer mencontoh

Seorang pemimpin tahu betapa pentingnya membangun personal branding yang unik dan berbeda dari orang lain.

Bukan hanya untuk menonjolkan diri sebagai seorang pemimpin, tetapi juga untuk membantu menguatkan visi yang mereka bawa.

Mereka tidak takut untuk melakukan hal-hal secara berbeda dan berpikir “out of the box” supaya tidak terus berlama-lama dalam kondisi yang sama.

Selalu ada inovasi dan terobosan baru yang dipikirkan dan dirancang oleh pemimpin karena mereka sepenuh hati merangkul perubahan.

Sementara itu, manajer adalah sosok dalam perusahaan yang diminta untuk mengatur dan mengkoordinasi pekerjaan, jadwal, alur kerja, proyek, dan alur kerja sehari-hari agar selalu sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Seorang manajer cenderung tetap berpegang pada apa yang sudah terbukti berhasil, baik itu sistem, struktur, maupun proses.

Secara umum, manajer cenderung mencontoh kompetensi dan perilaku yang mereka pelajari dari orang lain serta mengadopsi gaya kepemimpinan mereka daripada merumuskannya sendiri.

NO 2 ☟︎︎︎

Pentingnya ilmu administrasi dikarenakan pada setiap organisasi (wadah administrasi), sangat diperlukan keahlian administrasi untuk mengelola dan mengatur perencanaan dan kegiatan kerjasama antar anggota organisasi, agar tujuan dari organisasi tersebut dapat berjalan lurus dan sebagaimana mestinya.

Manajemen disebut inti dari administrasi, karena administrasi memanajemen semua aspek dalam kelompok untuk mencapai tujuan. Manajemen sebagai inti administrasi melakukan perencanaan, pelaksanaan organisasi, dan juga pengawasan jalannya organisasi agar tidak menyimpang dati tujuan organisasi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh srireskiyaniyhya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 12 Jul 23