Harga jual barang mengikuti fungsi P = – Q +

Berikut ini adalah pertanyaan dari qsyakila82 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Harga jual barang mengikuti fungsi P = – Q + 80, sedangkan fungsi biaya rata-rata AC = Q – 60 + 25/Q. Tentukan fungsi laba, unit yang terjual jika laba maksimum dan laba maksimum!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk menentukan fungsi laba, pertama-tama kita harus menghitung total biaya (TC) dengan menggunakan fungsi biaya rata-rata (AC). Total biaya dapat ditentukan dengan mengalikan jumlah unit yang terjual dengan biaya rata-rata per unit (AC). Jadi, TC = AC x Q.

Setelah mengetahui total biaya, kita dapat menentukan fungsi laba dengan mengurangi total biaya dari harga jual per unit. Jadi, fungsi laba (L) adalah:

L = P x Q – TC

= (– Q + 80) x Q – (Q – 60 + 25/Q) x Q

= – Q^2 + 80Q – Q^2 + 60Q + 25

= 25 + 20Q

Untuk mencari laba maksimum, kita perlu mencari titik puncak atau titik maksimum dari fungsi laba tersebut. Kita dapat mencari titik puncak dengan menyelesaikan persamaan turunan fungsi laba (dL/dQ) = 0. Setelah menyelesaikan persamaan tersebut, kita dapat menemukan bahwa laba maksimum terjadi pada Q = 5 unit. Jadi, jumlah unit yang terjual jika laba maksimum adalah 5 unit.

Untuk mencari nilai laba maksimum, kita perlu mengganti nilai Q dengan 5 ke dalam fungsi laba (L). Setelah mengganti nilai Q, kita akan mendapatkan laba maksimum sebesar Rp. 75.000.

Jadi, jumlah unit yang terjual jika laba maksimum adalah 5 unit, dan nilai laba maksimum adalah Rp. 75.000.

Penjelasan:

Bantu dijadikan jawaban cerdas yaa

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ritmon1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 01 Apr 23