Jelaskan perbedaan antara wesel dengan giro

Berikut ini adalah pertanyaan dari juniardisaputraaa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan perbedaan antara wesel dengan giro

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Wesel dan giro adalah instrumen keuangan yang digunakan dalam transaksi bisnis dan perbankan. Meskipun keduanya digunakan sebagai alat pembayaran, namun terdapat perbedaan antara wesel dan giro, yaitu sebagai berikut:

1. Definisi

Wesel adalah sebuah instrumen keuangan yang merupakan janji tertulis yang dikeluarkan oleh seseorang untuk membayar sejumlah uang kepada pihak lain pada tanggal tertentu di masa depan. Sedangkan, giro adalah sebuah instrumen keuangan yang menginstruksikan bank untuk melakukan transfer dana dari rekening yang satu ke rekening yang lain.

2. Penggunaan

Wesel digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi bisnis antara pihak yang saling mengenal. Wesel biasanya digunakan untuk membayar utang dagang atau membayar barang-barang yang telah dipesan. Sedangkan, giro digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi keuangan yang lebih umum dan bisa dilakukan antara pihak yang tidak saling mengenal. Giro biasanya digunakan untuk membayar tagihan listrik, telepon, dan pembayaran cicilan.

3. Jangka waktu

Wesel memiliki jangka waktu yang telah ditentukan dalam surat wesel, yaitu jatuh tempo pembayaran. Biasanya jangka waktu pembayaran wesel berkisar antara 30-90 hari. Sedangkan, giro tidak memiliki jangka waktu yang telah ditentukan. Giro dapat dicairkan kapan saja oleh pemilik rekening.

4. Biaya

Wesel memerlukan biaya pembuatan dan biaya diskonto (jika wesel diuangkan sebelum jatuh tempo). Sedangkan, giro tidak memerlukan biaya pembuatan dan biasanya dikenakan biaya transfer atau administrasi.

5. Keamanan

Wesel memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada giro karena wesel memiliki tanda tangan asli dari pihak yang menerbitkan wesel dan dapat dicairkan hanya oleh penerima yang ditunjuk dalam wesel. Sedangkan, giro memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah karena giro dapat dicairkan oleh siapa saja yang memiliki akses ke rekening bank yang bersangkutan.

Dalam kesimpulannya, wesel dan giro memiliki perbedaan dalam penggunaannya, jangka waktu, biaya, keamanan dan penggunaannya. Oleh karena itu, pemahaman tentang perbedaan antara wesel dan giro sangat penting dalam dunia bisnis dan perbankan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh giahere dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 29 May 23