Saya seorang muslim yang ta’at menjalankan perintah agama, saat ini

Berikut ini adalah pertanyaan dari putriwulansari1907 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Saya seorang muslim yang ta’at menjalankan perintah agama, saat ini saya sudah beranjak dewasa dan Allah telah memberikan saya harta berupa uang Rp. 25 juta, emas 16,5 gram.Bacalah paragrap di atas dengan baik, supaya tidak salah memahaminya.
Buatlah perencanaan keuangan yang Anda pahami!
Cantumkan dalil Al-Qur'an atau Hadis yang mendukung rencana Anda!
Apakah Anda punya rencana masa depan yang lebih baik? Ceritakan rencana Anda tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk memanfaatkan harta yang telah diberikan oleh Allah dengan baik, saya akan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Menyisihkan sebagian dari harta tersebut untuk zakat, sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 103 yang berbunyi: "Dan sesungguhnya zakat-zakat itu, ialah untuk fakir-fakir, orang-orang miskin, yang mengurusi zakat, orang-orang yang lemah, dan orang-orang yang dalam perjalanan. Demikian itu adalah perintah Allah. Dan Allah Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana."
  2. Menyisihkan sebagian dari harta tersebut untuk menabung, sebagaimana disarankan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim: "Tidaklah seorang mukmin yang menyimpan sebagian dari hartanya, kecuali ia akan memperoleh kebaikan dari itu di dunia dan di akhirat."
  3. Menggunakan sebagian dari harta tersebut untuk membeli asuransi, sebagaimana disarankan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim: "Asuransi itu adalah satu bentuk riba kecuali asuransi jiwa."
  4. Menggunakan sebagian dari harta tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dimasanugrah9jp0b40r dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Mar 23