hal berikut termasuk ke dalam penghitungan produk nasional bruto (PNB)

Berikut ini adalah pertanyaan dari jjaswmine pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Hal berikut termasuk ke dalam penghitungan produk nasional bruto (PNB) Indonesia tahun 20111). gaji yang diterima TKI di Arab Saudi tahun 2011
2). penjualan minuman coca cola tahun 2011 di Indonesia
3). hasil panen padi petani di pulau Jawa tahun 2011
4). penjualan sepatu baru tahun 2011 yang diproduksi tahun 2011 di indonesia
mana pernyataan yang benar
A. 1,2,3
B. 1,3
C. 2,4
D. 4 saja​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

semua benar

Penjelasan:

Setelah dikaji lebih lanjut, rasanya semua hal tersebut termasuk ke dalam penghitungan PNB.

Produk Nasional Bruto (PNB) adalah jumlah nilai pasar dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara baik di dalam maupun di luar negeri dalam satu tahun. Dengan kata lain, PNB mengukur nilai total produksi barang dan jasa oleh warga negara suatu negara selama satu tahun.

Berdasarkan definisi di atas, maka pernyataan yang benar adalah 1, 2, 3, dan 4. Semua pilihan tersebut termasuk dalam penghitungan PNB Indonesia tahun 2011 karena semua pilihan tersebut merupakan nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

  • Gaji yang diterima TKI di Arab Saudi tahun 2011 termasuk dalam PNB Indonesia karena merupakan bagian dari penghasilan warga negara Indonesia yang dihasilkan di luar negeri.
  • Penjualan minuman Coca Cola tahun 2011 di Indonesia termasuk dalam PNB Indonesia karena merupakan nilai produksi barang oleh perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
  • Hasil panen padi petani di pulau Jawa tahun 2011 termasuk dalam PNB Indonesia karena merupakan nilai produksi barang oleh petani Indonesia.
  • Penjualan sepatu baru tahun 2011 yang diproduksi tahun 2011 di Indonesia termasuk dalam PNB Indonesia karena merupakan nilai produksi barang oleh perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat mendekati adalah pilihan A.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh DeVarignon dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 20 May 23