Era digitalisasi dan gaya hidup masyarakat melahirkan sistem keuangan yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari satoruray07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Era digitalisasi dan gaya hidup masyarakat melahirkan sistem keuangan yang baru Kebutuhan masyarakat akan jasa pelayanan perbankan untuk melakukan transaksi yang cepat, andal, dan tepercaya menjadi tonggak munculnya sistem baru yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Apakah sistem baru dalam sistem pembayaran tersebut? Bagaimana sistem tersebut dilaksanakan? Siapa saja pihak yang terlibat?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem baru dalam sistem pembayaran yang dimaksud adalah sistem pembayaran elektronik atau e-payment. Sistem ini menggunakan teknologi digital untuk melakukan transaksi keuangan dengan cepat, mudah, dan aman. Beberapa contoh e-payment yang populer di Indonesia antara lain transfer antarbank melalui ATM, mobile banking, e-wallet, dan kartu kredit/debit.

Sistem pembayaran elektronik dilaksanakan dengan cara pengguna mengirimkan permintaan pembayaran melalui aplikasi atau situs web yang terhubung ke jaringan sistem pembayaran. Setelah itu, sistem akan melakukan verifikasi dan otentikasi transaksi, kemudian melakukan transfer dana antara pihak pembayaran dan penerima pembayaran.

Beberapa pihak yang terlibat dalam sistem pembayaran elektronik antara lain:

Pengguna: orang yang menggunakan layanan pembayaran elektronik untuk melakukan pembayaran atau menerima pembayaran.

Penyedia jasa pembayaran: lembaga keuangan atau perusahaan fintech yang menyediakan layanan pembayaran elektronik.

Bank: lembaga keuangan yang menyediakan jaringan infrastruktur untuk memfasilitasi transaksi pembayaran elektronik.

Pedagang: pihak yang menerima pembayaran dari pengguna melalui sistem pembayaran elektronik.

Regulator: pemerintah atau lembaga pengawas yang bertanggung jawab untuk mengatur dan memastikan keamanan serta keterbukaan sistem pembayaran elektronik.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh michaelyulistin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 23 May 23