Perang dagang yang terjadi antara Negara-Negara adikuasa di dunia mengakibatkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari pujiastuti191284 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perang dagang yang terjadi antara Negara-Negara adikuasa di dunia mengakibatkan perekonomianhampir di seluruh dunia terpengaruh, yaitu dengan depresiasi nilai mata uang dikarenakan nilai ekspor
impor dengan Negara bersangkutan.
Hal ini juga berdampak pada nilai Rupiah, Rupiah sempat mengalami depresiasi yang sangat tinggi
hingga menyentuh di angka Rp15.000. Depresiasi Rupiah ini memberikan efek domino pada keadaan
domestik suatu Negara termasuk pada nilai kurs fiskal.
Jelaskan fenomena depresiasi rupiah pada kasus tersebut beserta solusi yang sebaiknya diambil
pemerintah untuk menjaga perekonomian Negara!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Depresiasi rupiah pada kasus tersebut terjadi karena terpengaruh oleh perang dagang yang terjadi antara negara-negara adikuasa di dunia yang menyebabkan nilai ekspor-impor dengan negara-negara tersebut menjadi berkurang sehingga permintaan terhadap mata uang Rupiah pun menurun. Akibatnya, nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing mengalami depresiasi.

Depresiasi nilai tukar Rupiah ini memberikan dampak buruk terhadap perekonomian negara seperti inflasi, naiknya harga-harga barang impor, turunnya daya beli masyarakat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemerintah memerlukan solusi untuk menjaga perekonomian negara, diantaranya adalah:

1. Menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah agar tidak terlalu fluktuatif

Pemerintah perlu menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah agar tidak terlalu fluktuatif agar investor dan masyarakat tidak kehilangan kepercayaan terhadap mata uang Rupiah. Pemerintah dapat melalui intervensi langsung menggunakan cadangan devisa untuk stabilisasi nilai tukar rupiah.

2. Mendorong industri dalam negeri agar lebih kompetitif

Pemerintah perlu mendorong industri dalam negeri agar lebih kompetitif sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap barang impor. Langkah ini perlu disertai dengan kebijakan yang mendukung seperti pemberian insentif pajak, perbaikan infrastruktur, dan pelatihan tenaga kerja yang terampil.

3. Menstimulasi sektor ekspor

Pemerintah perlu menstimulasi sektor ekspor dengan memberikan insentif dan kemudahan bagi pelaku industri ekspor. Hal ini dapat dilakukan dengan pemberian insentif pajak, perlindungan hukum, dan perbaikan infrastruktur.

4. Memperbaiki perekonomian domestik

Pemerintah perlu memperbaiki perekonomian domestik dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya beli masyarakat agar dapat memperbaiki perekonomian nasional.

5. Mengoptimalkan penggunaan energi alternatif

Pemerintah juga boleh mengoptimalisahkan penggunaan energi alternatif seperti energi surya, energi angin dan lain sebagainya. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar fosil yang menurunkan nilai rupiah dibanding mata uang asing bisa dikurangi karena mengurangi impor minyak bumi atau gas alam.

Dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional, pemerintah harus berusaha menjaga sesuai dengan prinsip ekonomi yang sehat dan stabil. Oleh karena itu, solusi diatas jika dijalankan dengan baik dapat membawa dampak positif pada perekonomian nasional.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh iskahasan34 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Aug 23