Bank Indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah yaitu Independensi dalam Interdependensi.

Berikut ini adalah pertanyaan dari sswandewi01 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank Indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah yaitu Independensi dalam Interdependensi. Apa yang dimaksud dengan kalimat tersebut dan berikan contohnya!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut adalah penjelasandarihubungan Bank Indonesiadenganpemerintah:

  • Interdependensi: hubungan antara Bank Indonesia dengan pemerintah adalah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah juga akan berpengaruh terhadap Bank Indonesia. Selain itu, pemerintah dan Bank Indonesia juga selalu berkoordinasi dan juga dilaksanakan sidang kabinet di mana Bank Indonesia bisa memberikan masukan kepada pemerintah mengenai rancangan APBN atau kebijakan ekonomi lainnya.
  • Independensi: Bank Indonesia adalah lembaga keuangan pusat yang independen. Hal ini dibuktikan dengan pengambilan keputusan di Bank Indonesia yang dilakukan pada lembaga keuangan tersebut secara merdeka namun tetap memperhatikan unsur-unsur kebangsaan.

Pembahasan

Bank Indonesia adalah salah satu lembaga keuangan yang merupakan bank sentral Indonesia. Tujuan utama dari Bank Indonesia pada dasarnya adalah menjaga dan menguatkan stabilitas nilai mata uang rupiah. Hubungan dari Bank Indonesia dengan pemerintah adalah independensi di dalam interpedensi. Maksud dari perkataan ini adalah meskipun Bank Indonesia adalah bank sentral yang merdeka atau independen, hubungan dengan pemerintah masih tetap sangat penting di mana sifat dari hubungan tersebut adalah konsultatif.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang bank sentral yomemimo.com/tugas/3878888

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jun 23