apakah yang dimaksud dengan manajemen media massa ? mengapa kita

Berikut ini adalah pertanyaan dari permataadellia2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apakah yang dimaksud dengan manajemen media massa ? mengapa kita harus mengenal dan paham mengenai proses manajemen media massa? berikan penjelasan dan analisis yang terstruktur!tolong dibantu ya temen-temen .dan jawabannya harus benar ya temen-temen makasih​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Media massa adalah proses mengatur, mengarahkan, dan merencanakan bagaimana media akan menyampaikan berita atau informasi kepada publik.

Sedangkan dalam penerapannya manajemen media massa bertujuan untuk mengetahui animo masyarakat dalam keinginan membaca atau mengetahui informasi.

Sehingga media dapat menjual berita yang layak dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekarang.

Fungsi dasar manajemen media massa

J.B Wahyudi dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran (1994) menyatakan, ada empat fungsi dasar dalam manajemen, sebagai berikut:

1. Perencanaan (planning)

Secara dasar perencanaan bagian dari rangkaian pekerjaan yang bertujuan untuk mencapai hasil. Perencanaan merupakan aktivitas dari media untuk menetukan apa yang harus dilakukan, oleh siapa, dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya.

Perencanaan dianggap baik apabila menimbang antara aktivitas yang akan dilakukan dengan kondisi sekarang yang sedang terjadi.

Ada lima unsur penting dalam perencanaan yaitu:

1. Keleluasaan perencanaan dan ruang lingkup (spesific)

2. Tolak ukur (measureable)

3. Perencanaan yang matang (achievable)

4. Ketersediaan sumber daya (realistic)

5. Batasan waktu (time)

2. Pengorganisasian (organizing)

Dikutip dalam buku Televisi Mutakhir (2008) oleh Morissan, ada dua pengertian organisasi, yaitu:

Organisasi secara tradisional bermakna susunan yang membentuk secara hierarki.

Organisasi modern adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Pengorganisasian adalah penyusunan dalam organisasi dilihat dari tujuan organisasi, sumber daya yang tersedia, dan kondisi yang sedang terjadi.

3.Pengarahan (actuating)

Pengarahan memiliki definisi "The influencing or directing functions centers on the stimulation of employees to carry out their responsibilities with enthusiasm and effectiveness" Yang artinya fungsi dari memengaruhi atau mengarahkan berpusat pada stimulasi karyawan untuk melaksanakan tanggung jawab mereka dengan antusias dan efektif.

Secara sederhana pengarahan digunakan untuk memberikan batasan kepada karyawan tentang apa saja yang harus mereka selesaikan, Ada empat fungsi dari pengarahan, yaitu: Pemberian semangat Kelancaran arus komunikasi Cara pemimpin memberi arahan Workshop.

4. Pengawasan (controlling)

Untuk mengetahui apakah visi industri berjalan sesuai perencanaan, dapat dilihat melalui pengawasan atau controlling.

Pengawasan merupakan aktivitas yang memastikan bahwa seluruh sumber daya berjalan dengan efektif dan efisien guna mencapai tujuan perusahaan.

Tujuan pengawasan dan pengendalian adalah untuk memastikan bahwa segala sesuatu yang diimpikan, direncanakan, dan dilaksanakan. Rangkaian kegiatan dapat diselesaikan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh viravira22445 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 15 Aug 23