Dalam perekonomian, tingkat perbelanjaan merupakan faktor penentu dalam perekonomian, jelaskan faktor

Berikut ini adalah pertanyaan dari egyandre pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam perekonomian, tingkat perbelanjaan merupakan faktor penentu dalamperekonomian, jelaskan faktor faktor dibawah sebagai penentu tingkat perbelanjaan.
a. Konsumsi rumah tangga
b. Penanaman modal (investasi perusahaan)
c. Pengeluaran pemerintah
d. Perdagangan dengan Negara lain

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tingkat perbelanjaan dalam perekonomian dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah:

a. Konsumsi rumah tangga

Konsumsi rumah tangga merupakan salah satu faktor penentu tingkat perbelanjaan dalam perekonomian. Konsumsi rumah tangga meliputi pembelian barang dan jasa oleh individu dan keluarga. Jika konsumsi rumah tangga meningkat, maka akan meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

b. Penanaman modal (investasi perusahaan)

Penanaman modal atau investasi perusahaan juga merupakan faktor penentu tingkat perbelanjaan dalam perekonomian. Investasi perusahaan meliputi pembelian modal dan persediaan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa. Jika investasi perusahaan meningkat, maka akan meningkatkan produksi barang dan jasa, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

c. Pengeluaran pemerintah

Pengeluaran pemerintah juga berperan dalam menentukan tingkat perbelanjaan dalam perekonomian. Pengeluaran pemerintah meliputi belanja publik seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Jika pengeluaran pemerintah meningkat, maka akan meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

d. Perdagangan dengan Negara lain

Perdagangan dengan negara lain juga mempengaruhi tingkat perbelanjaan dalam perekonomian. Jika ekspor barang meningkat, maka akan meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa di dalam negeri, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, jika impor barang meningkat, maka akan mengurangi permintaan terhadap barang dan jasa di dalam negeri, sehingga dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh SteinKu1405 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 11 Aug 23