apa ciri ciri pasar persaingan sempurna produsen dapat mempengaruhi harga,berikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari zaharaara1609 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa ciri ciri pasar persaingan sempurna produsen dapat mempengaruhi harga,berikan pendapat anda

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar persaingan sempurna adalah suatu jenis pasar yang memiliki beberapa ciri khas, di antaranya adalah:

Banyaknya produsen dan konsumen

Di pasar persaingan sempurna, terdapat banyak produsen dan konsumen yang saling berinteraksi. Hal ini membuat tidak ada satupun produsen atau konsumen yang dapat mempengaruhi harga produk secara signifikan.

Produk yang sama persis

Di pasar persaingan sempurna, setiap produsen menawarkan produk yang sama persis dengan produk yang ditawarkan oleh produsen lainnya. Hal ini membuat konsumen tidak memiliki preferensi terhadap produk dari satu produsen tertentu, sehingga tidak ada pengaruh terhadap harga produk.

Tidak adanya biaya transaksi

Di pasar persaingan sempurna, tidak ada biaya transaksi yang dibebankan kepada konsumen atau produsen. Hal ini membuat perdagangan menjadi lebih mudah dan efisien, sehingga tidak ada pengaruh terhadap harga produk.

Informasi yang tersedia secara luas

Di pasar persaingan sempurna, informasi tentang harga produk dan kualitas produk dari semua produsen tersedia secara luas bagi konsumen. Hal ini membuat konsumen dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka, sehingga tidak ada pengaruh terhadap harga produk.

Dengan demikian, di pasar persaingan sempurna, produsen tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga produk karena faktor-faktor di atas yang membuat pasar tersebut cenderung menjadi pasar yang efisien dan adil bagi semua pihak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dederidwansaja dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 10 Mar 23