4 Apabila anda merupakan seorang investor akan membeli saham sebuah

Berikut ini adalah pertanyaan dari misrandayu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Apabila anda merupakan seorang investor akan membeli saham sebuah perusahaan maka anda harusdapat menghitung risiko sistematis dan risiko tidak sistematis dari saham perusahaan tersebut. Apabila
anda bermaksud untuk membeli saham Bank BNI kemudian anda dihadapkan pada sejumlah data
informasi bahwa diketahui saham Bank BNI mempunyai beta 0.82 dan risiko pasar (simpangan baku)
27% dan risiko saham 34%. Maka berapakah risiko unsistematis dari saham bank BNI tersebut? Apa
keputusan yang akan anda ambil?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Resiko tidak sistematis dari saham Bank BNI di soal sebesar 39% dengan nilai beta 0,82. Beta saham Bank BNI < 1 sehingga termasuk defensive stock, artinya bahwa saham tersebut returnnya kurang berfluktuatif terhadap perubahan return pasar. Ini bermakna bahwa saham tak peka atas perubahan yang terjadi dalam pasar sehingga kurang beresiko terhadap fluktuasi nilai. Maka itu, keputusan yang akan saya ambil adalah membeli saham Bank BNI tersebut.

Pembahasan

Resiko total investasi adalah resiko tidak sistematis dijumlahkan dengan resiko sistematis dan resiko lainnya seperti resiko pasar dan resiko perusahaan. Berdasarkan soal di atas maka resiko totalnya adalah:

  • 27% + 34% + resiko tidak sistematis.
  • 61% + resiko tidak sistematis.

Dengan asumsi resiko total adalah 100% maka resiko tidak sistematis adalah 100% - 61% = 39%. Dengan demikian, resiko non sistematis saham BNI adalah 39%.

Resiko tidak sistematis ini sendiri dinamakan sebagai Unsystematic Risk yang BISA DIHILANGKAN dengan jalan diversifikasi atau membentuk protofolio beragam. Resiko ini berkaitan erat dengan kondisi mikro dari Bank BNI sendiri sehingga dinamakan juga oleh orang-orang sebagai specific risk atau company risk. Hal buruk pada perusahaan ini bisa diimbangi dengan hal baik lainnya.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 16 Jan 23