1. ,Jelaskan upaya Bank Indonesia dalam rangka mengatur dan menjaga

Berikut ini adalah pertanyaan dari Hamdynasution pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. ,Jelaskan upaya Bank Indonesia dalam rangka mengatur dan menjaga sistem pembayaran di Indonesia!2. Analisislah peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran di Indonesia!

3. Mengapa pelaksanaan pengelolaan uang hanya dapat dilakukan Bank Indonesia?

4. Masyarakat pada zaman sejarah telah mengenal sistem pembayaran. Jelaskan sistem pembayaran tunai pada masyarakat zaman sejarah!

5. Bagaimana mekanisme penggunaan kartu debit yang menggunakan PIN?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

1. Bank Indonesia memiliki peran penting dalam mengatur dan menjaga sistem pembayaran di Indonesia. Beberapa upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia diantaranya adalah:

- Mengembangkan kebijakan dan regulasi terkait dengan sistem pembayaran yang memastikan keamanan, keandalan, dan efisiensi dalam operasinya.

- Mengawasi dan mengatur lembaga-lembaga yang berperan dalam sistem pembayaran, seperti bank, lembaga pemrosesan pembayaran, dan penyedia layanan pembayaran lainnya.

- Memfasilitasi pengembangan sistem pembayaran yang modern, seperti pembayaran digital, e-commerce, dan mobile banking, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha.

- Meningkatkan kesadaran dan literasi masyarakat mengenai pentingnya sistem pembayaran yang aman dan efisien.

2. Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran di Indonesia sangat penting, antara lain:

- Sebagai pembuat kebijakan dan regulator untuk memastikan sistem pembayaran berjalan dengan aman, efisien, dan andal.

- Mengawasi dan mengatur lembaga-lembaga yang terlibat dalam sistem pembayaran untuk memastikan mereka mematuhi standar keamanan, keandalan, dan efisiensi.

- Memfasilitasi pengembangan sistem pembayaran yang modern dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha.

- Meningkatkan literasi masyarakat tentang pentingnya sistem pembayaran yang aman dan efisien.

- Menjaga stabilitas moneter dan keuangan melalui pengaturan sistem pembayaran.

3. Pelaksanaan pengelolaan uang hanya dapat dilakukan oleh Bank Indonesia karena Bank Indonesia adalah lembaga yang dipercayakan oleh pemerintah untuk mengeluarkan dan mengatur penggunaan mata uang rupiah di Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia memiliki tugas untuk menjaga stabilitas nilai mata uang dan stabilitas sistem keuangan, yang dapat dicapai melalui pengaturan dan pengelolaan penggunaan uang.

4. Sistem pembayaran tunai pada masyarakat zaman sejarah dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti barter atau pertukaran barang dengan barang lainnya, atau menggunakan uang logam atau kertas. Contohnya, pada zaman kerajaan, sistem pembayaran tunai dilakukan dengan menggunakan uang logam atau kertas yang dikeluarkan oleh kerajaan atau penguasa setempat. Uang ini kemudian digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan.

5. Mekanisme penggunaan kartu debit yang menggunakan PIN adalah sebagai berikut:

- Kartu debit harus terlebih dahulu diaktifkan oleh pemiliknya, yang biasanya dilakukan melalui mesin ATM atau layanan online banking.

- Saat bertransaksi menggunakan kartu debit, pemilik kartu harus memasukkan PIN (Personal Identification Number) yang hanya diketahui oleh pemilik kartu.

- Setelah PIN diterima dan diverifikasi oleh mesin EDC (Electronic Data Capture), transaksi akan diproses dan dana akan dipotong dari rekening pemilik kartu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh muhamaddani80297 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23