1 Dalam karakteristiknya opini publik relatif tetap dan mengandung kontroversi.

Berikut ini adalah pertanyaan dari sodikinmarno pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Dalam karakteristiknya opini publik relatif tetap dan mengandung kontroversi. Mengapa dua hal tersebutdapat disimpulkan menjadi karakteristik opini publik? Uraikan penjelasan Anda disertai dengan contoh
konkritnya!
2 Manusia mempunyai sikap terhadap bermacam-macam hal, peristiwa, kepemimpinan seseorang.
a. Sikap dibedakan antara sikap individual dan sikap sosial. Jelaskan perbedaan kedua sikap tersebut!
Harap berikan contoh!
b. Sikap dapat bersumber pada pengalaman pribadi, pemindahan perasaan yang menyakitkan dan
pengaruh sosial. Uraikan ketiga sumber sikap tersebut!
3 Kebijakan sosial memberikan dampak yang begitu besar bagi peningkatan derajat kesejahteraan sosial
masyarakat. Kebijakan sosial tidak hanya menangani permasalahan sosial saja tapi permasalahan yang
terkait dalam pembangunan bangsa Indonesia ke depan. Kebijakan sosial Indonesia saat ini sangat
relevan dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Dimana permasalahan negara yang sedang
berkembang seperti Indonesia saat ini memerlukan kebijakan sosial yang dalam konteksnya menjadi
kebijakan yang dapat mengkover seluruh permasalahan sosial saat ini yang disebabkan oleh kultural dan
struktural (Susiyanto, https://trimongalah.wordpress.com/2012/05/13/hello-world/). Berdasarkan hal
tersebut, tentukan:
a. Uraikanlah tiga tipe kebijakan sosial yang Anda ketahui!
b. Berdasarkan teks tersebut, bagaimana kebijakan sosial yang telah diterapkan pemerintah Indonesia
menurut pendapat Anda dan berikan bukti konkritnya!




READY WA O896-55OO-5OOO.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban untuk soal-soal di atas terkait karakter dari opini publik:

(1) Karakteristik opini publik relatif tetap karena cenderung terbentuk dari persepsi individu yang stabil. Akan tetapi hal ini juga mengandung kontroversi karena opini publik bisa beragam dan saling bertentangan dalam masyarakat, utamanya dalam isu-isu yang kompleks seperti politik atau moralitas. Contoh konkritnya adalah perbedaan pendapat yang terjadi dalam masyarakat mengenai kebijakan imigrasi, perubahan iklim, atau isu kontroversial seperti aborsi atau hak LGBT.

(2) Berikut jawaban untuk soal nomor 2:

  • a. Sikap individual merupakan sikap yang dimiliki oleh individu secara pribadi berdasarkan pengalaman, nilai dan preferensinya sendiri. Adapun sikap sosial adalah sikap yang dipengaruhi oleh norma sosial dan ekspektasi masyarakat terhadap individu tersebut. Contoh: sikap individual seseorang terhadap kucing bisa positif karena mereka menyukainya, sementara sikap sosial terhadap kucing di masyarakat bisa negatif karena kucing dianggap pengganggu lingkungan.
  • b. Pengalaman pribadi adalah salah satu sumber sikap di mana sikap seseorang bisa dipengaruhi oleh pengalaman langsung yang mereka alami seperti trauma atau kebahagiaan. Pemindahan perasaan yang menyakitkan merujuk pada melemparkan atau memindahkan perasaan negatif yang dirasakan pada objek atau individu lain. Pengaruh sosial adalah pengaruh yang muncul dari norma, nilai dan tekanan sosial yang ada dalam lingkungan sosial seseorang, seperti keluarga, teman atau media massa.

(3) Berikut kedua jawaban untuk soal nomor 3:

  1. a. Tiga tipe kebijakan sosial yang umumnya dikenal antara lain: kebijakan pelayanan sosial (seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan), kebijakan perlindungan sosial (seperti jaminan sosial dan bantuan sosial) dan kebijakan pembangunan sosial (seperti pembangunan infrastruktur dan ekonomi yang berpihak pada masyarakat).
  2. Menurut pendapat saya, pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan sosial yang relevan dengan mengadopsi program-program perlindungan sosial. Bukti konkritnya adalah adanya Program Keluarga Harapan (PKH) yang memberikan bantuan sosial kepada keluarga miskin, adanya program-program infrastruktur yang meningkatkan akses dan kesejahteraan masyarakat, contoh: pembangunan jalan, pengadaan jaringan listrik dan air bersih di daerah terpencil.

Pembahasan

Opini publik adalah pandangan atau pendapat yang dipegang oleh sebagian besar individu dalam suatu masyarakat terkait isu, kebijakan, atau peristiwa tertentu. Opini publik bisa mempengaruhi suasana sosial dan keputusan yang diambil.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Aug 23