terangkan perbezaan antara syarikat sendirian berhad dengan syarikat awam berhad​

Berikut ini adalah pertanyaan dari fahmisukhoiri7 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Terangkan perbezaan antara syarikat sendirian berhad dengan syarikat awam berhad​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Syarikat sendirian berhad (SDN BHD) dan syarikat awam berhad (BERHAD) adalah dua jenis syarikat yang berbeda dalam konteks hukum dan operasi bisnis di Malaysia. Beberapa perbedaan antara kedua jenis syarikat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemilikan: Syarikat sendirian berhad dimiliki sepenuhnya oleh satu atau beberapa individu atau badan hukum tertentu, sedangkan syarikat awam berhad dapat dimiliki oleh publik melalui saham yang diperdagangkan di bursa saham.

2. Jumlah pemegang saham: Syarikat sendirian berhad memiliki jumlah pemegang saham yang terbatas, sedangkan syarikat awam berhad memiliki jumlah pemegang saham yang tidak terbatas.

3. Pengawasan: Syarikat awam berhad memiliki lebih banyak pengawasan dari pihak otoritas peraturan, karena sahamnya diperdagangkan di bursa saham, sedangkan syarikat sendirian berhad kurang diawasi oleh otoritas peraturan.

4. Penawaran umum: Syarikat awam berhad dapat melakukan penawaran umum saham kepada publik, sedangkan syarikat sendirian berhad tidak dapat melakukan penawaran umum sahamnya.

5. Akses ke modal: Syarikat awam berhad memiliki akses yang lebih mudah ke modal karena dapat menawarkan sahamnya kepada publik, sedangkan syarikat sendirian berhad harus bergantung pada modal yang diinvestasikan oleh pemilik atau pihak lain.

6. Pertumbuhan bisnis: Syarikat awam berhad memiliki potensi untuk tumbuh lebih cepat karena dapat mengumpulkan modal dengan mudah dari pasar saham, sedangkan syarikat sendirian berhad memiliki keterbatasan dalam hal pertumbuhan bisnis karena terbatas pada modal yang diinvestasikan oleh pemilik atau pihak lain.

Kedua jenis syarikat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pemilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis dari perusahaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Nazer dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 12 Aug 23