Elastisitas permintaan maupun penawaran merupakan salah satu informasi yang sangat

Berikut ini adalah pertanyaan dari jujuu2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Elastisitas permintaan maupun penawaran merupakan salah satu informasi yang sangat penting bagi perusahaan ketika hendak mengambil keputusan akan harga jual produknya (barang atau jasa). Dengan diketahuinya informasi tentang elastisitas permintaan harga maupun elastistitas permintaan silang dari barang yang dijual dapat membantu perusahaan untuk menjalankan kebijakan harga jual produknya. Sebuah perusahaan mempunyai informasi elastisitas permintaan terhadap harga yang elastis, perusahaan ingin meningkatkan pendapatan dari hasil penjualan (total revenue,TR), bagaimana cara perusahaan dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dari penjualannya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jika elastisitas permintaan terhadap harga suatu produk adalah elastis, maka perusahaan dapat meningkatkan pendapatannya dengan menurunkan harga jual produknya. Namun, penurunan harga harus diimbangi dengan kenaikan volume penjualan yang cukup signifikan untuk menjaga agar total revenue (TR) perusahaan tetap meningkat. Selain menurunkan harga jual produk, perusahaan juga dapat melakukan beberapa strategi lain untuk meningkatkan pendapatan dari penjualannya, di antaranya:

Supporting points:

Memberikan diskon harga atau potongan harga yang menarik kepada konsumen untuk meningkatkan permintaan atas produk perusahaan.

Meningkatkan kualitas produk atau layanan yang diberikan, sehingga konsumen cenderung bersedia membayar harga yang lebih tinggi.

Melakukan kampanye promosi yang efektif dan kreatif untuk menarik minat konsumen.

Menjalin kerjasama dengan pihak lain, seperti distributor atau rekanan bisnis, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan volume penjualan.

Mengoptimalkan distribusi produk agar dapat menjangkau konsumen potensial dengan lebih mudah dan efisien.

Contrasting points:

Tidak selalu mudah untuk menentukan harga yang optimal untuk produk perusahaan, karena elastisitas permintaan dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi pasar yang berubah-ubah pula.

Menurunkan harga jual produk dapat merusak citra atau reputasi perusahaan, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati.

Strategi penurunan harga jual produk bisa menjadi kurang efektif jika persaingan di pasar sangat ketat, karena pesaing lain dapat dengan mudah menawarkan harga yang lebih murah.

Menjaga kualitas produk atau layanan yang baik dapat memerlukan biaya yang tinggi, sehingga perusahaan perlu melakukan kalkulasi matang terkait keuntungan dan biaya yang dikeluarkan.

Kampanye promosi dan strategi lain yang dilakukan perusahaan juga memerlukan biaya yang cukup besar, sehingga perlu dilakukan analisis terkait efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran promosi.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh xwcqfj8mb6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Jun 23