Sebutkan Permintaan untuk pulsa telepon dapat dicirikan oleh Q=100-P, dimana

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurahmanhamdan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan Permintaan untuk pulsa telepon dapat dicirikan oleh Q=100-P, dimana Q adalah jumlah pulsa telepon yang terjual dalam jutaan unit, dan P adalah harga per pulsa. Ada dua produsen pulsa, Simpati dan Mentari (dinotasikan dengan S dan M), dimana keduanya mempunyai fungsi biaya yang identik yaitu: C = 10Qi + 0,5 Qi2 ( i = S,M) Q = QS + QM Pertanyaan: a) Karena tidak mampu mengenali kemungkinan untuk bersekongkol, kedua perusahaan tersebut bertindak sebagai pesaing sempurna jangka pendek. Berapakah nilai ekuilibrium QS, QM dan P? Berapakah laba masing-masing perusahaan?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a) Ekuilibrium QS, QM dan P dapat ditemukan dengan menggunakan konsep supply dan demand. Karena Q = 100 - P, maka permintaan adalah Q = 100 - P. Kemudian, kedua produsen akan menentukan jumlah produksi QS dan QM sehingga biaya produksi minimum.

Dengan menggunakan persamaan biaya, kita bisa menemukan tingkat produksi yang akan meminimumkan biaya produksi (Qi = -0,5Ci/10). Kemudian kita bisa menentukan tingkat produksi yang akan memenuhi permintaan (Q = QS + QM = 100 - P).

Dengan memecahkan kedua persamaan ini, kita bisa menemukan ekuilibrium QS, QM, dan P.

Laba masing-masing perusahaan dapat ditemukan dengan menggunakan rumus laba = pendapatan - biaya = (P x Qi) - C.

Catatan: Menemukan nilai ekuilibrium dan laba masing-masing perusahaan membutuhkan analisis matematis yang lebih rinci. Namun, konsep dasar yang diterangkan di sini dapat membantu Anda memahami proses penemuan ekuilibrium dan laba.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh chaeunwoo69 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 29 Apr 23