3. Diketahui pada saat harga Rp25.000,00, jumlah permintaan 1.000 unit

Berikut ini adalah pertanyaan dari almuhtadinzailaniz pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Diketahui pada saat harga Rp25.000,00, jumlah permintaan 1.000 unit dan pada saat harga Rp20.000,00, jumlah permintaan 1.500. Atas dasar data tersebut, fungsi permintaan adalah . . . .​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dari data yang diberikan, fungsi permintaan dapat ditentukan dengan menggunakan metode analisis regresi atau metode lain yang sesuai. Fungsi permintaan ditentukan dengan hubungan antara jumlah permintaan (Q) dengan harga (P) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan matematis.

Atas dasar data tersebut, fungsi permintaan yang dapat ditentukan adalah Q = a - bP, di mana a dan b adalah konstanta yang diperoleh dari analisis regresi. Dengan mengetahui kedua konstanta tersebut maka dapat diketahui jumlah permintaan pada harga tertentu.

Secara umum fungsi permintaan adalah suatu hubungan antara harga dengan jumlah yang diinginkan pada harga tersebut. Hubungan ini menunjukkan bahwa jumlah permintaan akan menurun jika harga meningkat dan sebaliknya jumlah permintaan akan meningkat jika harga menurun.

Semakin rendah harga, semakin besar jumlah yang diinginkan. Sebaliknya, semakin tinggi harga, semakin kecil jumlah yang diinginkan. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi permintaan, seperti tingkat pendapatan, preferensi konsumen, dll.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh partasusila0306 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 17 Apr 23