jelaskan karakteristik pelaksanaan kebutuhan?

Berikut ini adalah pertanyaan dari ilhamlaudji95 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan karakteristik pelaksanaan kebutuhan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Analisis kebutuhan diklat sangat terkait dengan pengertian kebutuhan.

Dalam konteks penyusunan program diklat, kebutuhan (need) diantaranya diawali dari pendapat Burton, Merrill dan Kaufman yang menyatakan kebutuhan adalah ketimpangan atau gap antara “apa yang seharusnya” dengan  apa yang “senyatanya”. Untuk mempermudah pemahaman, pengertian kebutuhan sebagaimana dikemukakan di atas, dapat digambarkan sebagai berikut:

Kebutuhan Sebagai Gap

Selanjutnya istilah kebutuhan lebih diperjelas oleh Kaufman dalam Rothwell dengan menyatakan bahwa kebutuhan sebagai kesenjangan kinerja yang dapat membedakan antara apa yang diketahui, dilakukan atau dirasakan dengan apa yang seharusnya diketahui, dilakukan dan dirasakan untuk ditunjukkan sebagai suatu kemampuan.

Kebutuhan dinyatakan dalam bentuk kata benda (noun), bukan sebagai kata kerja (verb). Dari kedua definisi yang dikemukakan di atas menunjukkan bahwa kebutuhan dapat diketahui dari adanya ketimpangan atau belum dicapainya suatu situasi berdasarkan unjuk kerja yang dipersyaratkan untuk suatu jabatan atau pekerjaan dalam organisasi.

Selanjutnya, Bradshaw menyatakan terdapat 4 (empat) jenis kebutuhan, yaitu: kebutuhan normatif (normative need), kebutuhan yang dirasakan (felt need), kebutuhan yang diekspresikan (expressed need), kebutuhan komparatif (comparative need). Selanjutnya,

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hanifgateng dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 06 Jan 23