Jelaskan mengenai kemampuan manajer dan contohnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari nandhitaaps3134 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan mengenai kemampuan manajer dan contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Manajer harus memiliki 3 kemampuan yang melekat pada dirinya, yaitu keterampilan Konseptual, keterampilan berhubungan dengan orang lain dan keterampilan teknis. Jika sudah memiliki kemampuan diatas, maka dapat dikatakan bahwa semua keterampilan dirangkum akan menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing.

Pembahasan

Manajer adalah pelaku manajemen yang dimiliki seseorang dengan berbagai peranan disebuah organisasi atau perusahaan. Seorang Manajer harus memiliki beberapa keterampilan yang akan mendukung kelancaran aktivitasnya. Keterampilan ini pada umumnya disebut dengan keterampilan manajemen atau keterampilan skills. Maka, secara sederhananya keterampilan manajemen adalah pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki individu untuk memenuhi kebutuhan khusus dalam melaksanakan tugas tertentu untuk fungsi manajemennya. Berikut ini merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer :

  • Keterampilan konseptual merupakan kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai sebuah entitas yang lengkap. Dimana keterampilan ini meliputi sebuah pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam sebuah organisasi dan pemahaman atas ketergantungan antara unit organisasi satu dengan organisasi lainnya. Contohnya adalah dalam pemasaran produk.
  • Keterampilan berhubungan dengan orang lain merupakan kemampuan yang dimiliki oleh manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota di dalam organisasinya. Dimana keterampilan ini harus membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memberikan motivasi kepada karyawannya untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi. Contohnya adalah di dalam sebuah rapat manajer harus bisa memimpin anggotanya demi terjalannya forum.
  • Keterampilan teknis adalah pengetahuan untuk digunakan pada teknik tertentu dalam melaksanakan tugasnya diperusahaan. Contohya seperti pengetahuan dalam merancang sebuah produk, memperbaiki mesin, dan mengoperasikan mesin.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Tugas-tugas dari manajer dalam mengambil keputusan yomemimo.com/tugas/17857643
  2. Contoh tugas manajer dalam bidang keuangan yomemimo.com/tugas/27822516

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 22 Aug 22