/Filsafat Administrasi Tugas : 2 No. Soal 1. Terdapat berbagai bentuk dalam berpikir

Berikut ini adalah pertanyaan dari iliila12345sd pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

/Filsafat AdministrasiTugas : 2
No. Soal
1. Terdapat berbagai bentuk dalam berpikir diantaranya adalah berpikir rasional dan berpikir sikap terbuka.
Pertanyaan:
Bagaimana penerapan proses berpikir rasional dan berpikir terbuka di lingkungan kerja/organisasi anda?
A. Kemukakan terlebih dahulu konsep berpikir rasional dan berpikir sikap terbuka!
B. Berikan contoh sebuah keputusan yang anda lakukan dimana terlebih dahulu anda melakukannya
dengan konsep berpikir rasional dan berpikir sikap terbuka!
2. A. Salah satu aksiologi dalam ilmu administrasi adalah prinsip-prinsip administrasi. Jelaskan apa saja
prinsip-prinsip administrasi yang dimaksud!
B. Analisis oleh anda mengapa prinsip administrasi dikategorikan sebagai aksiologi administrasi?
3. A. Jelaskan mengapa ilmu administrasi menjadi salah satu kajian dari filsafat ilmu?
B. Apa yang menjadi pemikiran Woodrow Wilson sehingga ia dijadikan sebagai bapak ilmu administrasi
negara?
4. Terdapat 3 kegiatan manajemen administrasi di dalam modul yaitu pengerakan (motivating),
pengawasan (controlling) dan penilaian (evaluating).
Pertanyaan
A. Jelaskan konsep tiga kegiatan manajemen administrasi tersebut!
B. Kemukakan pengalaman anda dalam berorganisasi/bekerja dimana anda mengalami ketiga kegiatan
manajemen administrasi tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Pemikiran rasional dan juga terbuka merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan suatu situasi agar mengarah pada analisis yang relevan (misalnya fakta, pendapat, penilaian, dan data). Tujuannya agar sampai pada kesimpulan yang masuk akal. Penerapan proses befikir yang rasional dan terbuka di lingkungan kerja dapat dilakukan dengan  membuat keputusan yang terbaik. Dan di tempat kerja, dimana pilihan tentang bagaimana cara menyelesaikan tugas, mengkomunikasikan informasi, berhubungan dengan rekan kerja, dan mengembangkan strategi itu sudah umum, pemikir kritis dinilai sangat berharga.
  2. Aksiologi, ilmu administrasi akan memberikan makna yang hakiki apabila dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, sehingga memberikan kemudahan dan kelayakan berpikir serta bertindak bagi manusia yang mendalami ilmu administrasi.
  3. Filsafat administrasi merupakan pemikiran mendalam, logis, sistematis, rasional, dan radikal dalam mendalami administrasi secara teoritis dan praktis.Ilmu yang oleh Wilson dikata ilmu administrasitersebut menekankan dua hal, yaitu perlunya efisiensi dalam mengelola pemerintahan dan perlunya memainkan merit system dengan memisahkan urusan politik dari urusan pelayanan publik.
  4. Manajemen motivasi sebagai kemampuan untuk menggunakan upaya yag besar, guna mencapa tujuan-tujuan orgaisasi, disesuaikan dengan kemampuan untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu. Sedangkan Dalam manajemen pengawasan (controlling) merupakan suatu kegiatan untuk mencocokkan apakah kegiatan operasional (actuating) di lapangan sesuai dengan rencana (planning) yang telah ditetapkan dalam mencapai tujuan (goal) dari organisasi. Manajemen penilaian merupakan suatu usaha yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian untuk mengukur hasil belajar baik menggunakajn tes maupun non tes.

Pembahasan :

Administrasi bertugas untuk menentukan tujuan, menyusun kebijakan, sekaligus membuat formulasi dari rencana yang dibuat. Sedangkan manajemen bertugas sebagai pelaksanaan atau aktor dalam menerapkan rencana maupun kebijakan yang telah dibuat.

Manajemen administrasi dalam perusahaan sangat penting dalam mengelola segala jenis administrasi, administrasi yang baik dapat menjadi penggerak dalam pengambilan keputusan, mengevaluasi kegaitan usaha yang dilakukan bahkan dapat sampai mengetahui sehat atau tidaknya perusahaan.

Pelajari lebih lanjut

Konsep manajemen

yomemimo.com/tugas/3476284

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 08 Aug 23