Terjadinya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah melarang produk dari Tiongkok diimpor

Berikut ini adalah pertanyaan dari anindaanin3994 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Terjadinya pandemi Covid-19 mendorong pemerintah melarang produk dari Tiongkok diimpor ke Indonesia untuk sementara waktu. Produk yang dilarang impor dari Tiongkok antara lain hewan hidup dan permainan anak. Dampak positif larangan impor tersebut bagi perekonomian Indonesia adalaha. mendorong produsen dalam negeri meningkatkan hasil produksi
b. mengurangi beban subsidi pemerintah dalam melakukan impor
c. meningkatkan perilaku konsumtif masyarakat dalam negeri
d. mencegah penyebaran pandemi Covid-19 sampai ke Indonesia
e. meningkatkan kegiatan ekspor dalam negeri ke Tiongkok

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk sementara waktu, Indonesiamenetapkanlarangan importerhadaphewan hidupdanpermainan anakdariTiongkokke Indonesia di tengahpandemi COVID-19. Bagi perekonomian Indonesia, dampak positifdari larangan impor tersebut adalah(A) mendorong produsen dalam negeri untuk meningkatkan hasil produksi.

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena dengan adanya larangan impor terhadap komoditas tersebut ke dalam negeri, maka industri dalam negeri yang menciptakan produk sejenis bisa bersaing dengan lebih mudah tanpa adanya kehadiran produk Tiongkok. Hal ini membuat masyarakat dalam negeri akan membeli produk dalam negeri yang tentunya akan meningkatkan produktivitas dari industri dalam negeri yang pada akhirnya juga akan meningkatkan devisa negara dalam bentuk pajak.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22