Contoh kasus red ocean

Berikut ini adalah pertanyaan dari Myweb pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh kasus red ocean

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Apa itu Red Ocean Strategy?

Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, strategi Red Ocean merupakan kondisi dimana dua atau lebih industri/bisnis saling berebut pangsa pasar yang sama. Semakin banyak peserta kompetisi, semakin ketat juga pertarungan yang terjadi. Bisnis yang tidak mampu bersaing akan kekurangan pelanggan, atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Persaingan yang ketat tersebut ahirnya memaksa sebuah bisnis harus memilih pilihan, melakukan diferensiasi produk atau menerapkan menekan biaya produksi serendah mungkin.

Sebagai contoh, misalkan dalam suatu daerah sudah ada 2 pedagang bakso dengan jumlah pasar yang tidak cukup banyak. Kemudian ada pengusaha baru yang ingin membuka usaha. Karena melihat bahwa warung bakso yang ada cukup laris, akhirnya dia ikut berjualan bakso. Lama kelamaan, jumlah pedagang bakso di daerah tersebut bertambah menjadi 5, sehingga membuat mereka harus saling berebut pelanggan.

Penjelasan:

Saat ini, dunia bisnis sudah penuh sesak dengan kompetisi diberbagai bidang usaha. Bahkan, sudah wajar ditemui adanya beberapa industri dengan produk dan jasa yang sama, saling berebut pasar dalam satu wilayah.

Untuk bisa tetap hidup dan berkembang, masing-masing industri harus lebih unggul dan mengalahkan kompetitornya. Bila diibaratkan, kondisi kompetisi bisnis yang ada saat ini seperti pertarungan antar hiu yang saling menggigit untuk berebut mangsa hingga membuat lautan menjadi berwarna merah karena darah mereka. Inilah yang kemudian dikenal sebagai red ocean strategy dalam dunia bisnis.

Maaf kalau salah.

Jawaban:Apa itu Red Ocean Strategy?Seperti yang sedikit dibahas sebelumnya, strategi Red Ocean merupakan kondisi dimana dua atau lebih industri/bisnis saling berebut pangsa pasar yang sama. Semakin banyak peserta kompetisi, semakin ketat juga pertarungan yang terjadi. Bisnis yang tidak mampu bersaing akan kekurangan pelanggan, atau bahkan mengalami kebangkrutan.Persaingan yang ketat tersebut ahirnya memaksa sebuah bisnis harus memilih pilihan, melakukan diferensiasi produk atau menerapkan menekan biaya produksi serendah mungkin.Sebagai contoh, misalkan dalam suatu daerah sudah ada 2 pedagang bakso dengan jumlah pasar yang tidak cukup banyak. Kemudian ada pengusaha baru yang ingin membuka usaha. Karena melihat bahwa warung bakso yang ada cukup laris, akhirnya dia ikut berjualan bakso. Lama kelamaan, jumlah pedagang bakso di daerah tersebut bertambah menjadi 5, sehingga membuat mereka harus saling berebut pelanggan.Penjelasan:Saat ini, dunia bisnis sudah penuh sesak dengan kompetisi diberbagai bidang usaha. Bahkan, sudah wajar ditemui adanya beberapa industri dengan produk dan jasa yang sama, saling berebut pasar dalam satu wilayah.Untuk bisa tetap hidup dan berkembang, masing-masing industri harus lebih unggul dan mengalahkan kompetitornya. Bila diibaratkan, kondisi kompetisi bisnis yang ada saat ini seperti pertarungan antar hiu yang saling menggigit untuk berebut mangsa hingga membuat lautan menjadi berwarna merah karena darah mereka. Inilah yang kemudian dikenal sebagai red ocean strategy dalam dunia bisnis.Maaf kalau salah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Meliala747 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Jul 21