Bisnis Islam adalah aktivitas bisnis yang didasarkan kepada syariat Islam,

Berikut ini adalah pertanyaan dari ahmadqosasi02 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bisnis Islam adalah aktivitas bisnis yang didasarkan kepada syariat Islam, ia memiliki karakteristik yang khas yang tidak ada dalam sistem bisnis lainya, dan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Asy-Syu'ara ayat 181-183 yang artinya: "Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan, dan ámbanglah dengan timbangan yang lurus, dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak- haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan" Kaitkan ayat tersebut dengan karakteristik bisnis Islam!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Karakteristikdalambisnis islam adalah tidak curang dan membohongi pembeli, yang dimaksud dengan curang disini seperti tidak mengurangi berat timbangan dengan meletakkan alat pemberat pada timbangan, agar produk yang dijual terlihat lebih berat daripada aslinya. Selain itu karakteristik bisnis dalam islam adalah jujur, artinya kita harus menjelaskan kondisi yang sebenar-benarnya mengenai kondisi produk yang dijual.

Terdapat kesepatan antara penjal dan pembeli. Kesepakatan disini berupa persetujuan antara pihak penjual dan pembeli dalam transaksi.

Pembahasan:

Ciri-Ciri Binis Syariah yaitu terdapat akad agama islam sangat memperhatikan akad. Karakteristikdalambisnis islam adalah tidak curang dan membohongi pembeli, yang dimaksud dengan curang disini seperti tidak mengurangi berat timbangan dengan meletakkan alat pemberat pada timbangan, agar produk yang dijual terlihat lebih berat daripada aslinya. Selain itu karakteristik bisnis dalam islam adalah jujur, artinya kita harus menjelaskan kondisi yang sebenar-benarnya mengenai kondisi produk yang dijual.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang karakteristik bisnis islam pada link yomemimo.com/tugas/17975477

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 19 Sep 22