2 Perubahan sosial dan modernisasi yang begitu cepat berpotensi

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Perubahan sosial dan modernisasi yang begitu cepat berpotensi untuk menimbulkan berbagai keresahan dan ketegangan sosial yang berdampak terhadap praktik penyimpangan hukum. Hukum dapat diatur dengan uang dan kekuasaan, proses peradilan yang diskriminatif, sehingga terjadi krisis kepercayaan terhadap penegak hukum. a. Menurut saudara apa faktor-faktor penyebabnya? Jelaskan! b. Bagaimanakah sikap dan tindakan yang patut diterapkan sesuai ajaran Kristen terhadap pelanggaran dan penyalahgunaan hukum/undang-undang? Jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

2. a. Faktor faktor penyebab terjadinya perubahan sosial dapat dibedakan menjadi : Menurut asalnya perubahan sosial disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah penyebab perubahan yang  berasal dari luar lingkungan masyarakat sehingga dapat disebabkan oleh adanya pengaruh dari kebudayaan masyarakat lain, perang atau konflik dengan masyarakat lain, dan adanya bencana alam. Faktor internal adalah penyebab perubahan yang berasal dari dalam lingkungan masyarakat bisa berupa bertambah atau berkurangnya penduduk suatu daerah, adanya pemberontakan dengan masyarakat lain, dan ditemukannya berbagai penemuan penemuan baru atau ideologi baru dalam lingkungan masyarakat.

b. Berdasarkan ajaran umat Kristiani sikap dan tindakan yang patut dilakukan terhadap pelanggaran hukum adalah sikap bahwa setiap pelanggaran hukum seperti contoh proses peradilan yang diskriminatif, kekuasaan dan uang dapat mengatur hukum, dan adanya krisis kepercayaan terhadap penegak hukum maka hal tersebut adalah perbuatan yang tidak baik atau negatif atau dalam ajaran kristen disebut dengan paham dosa, yaitu bentuk sikap negatif yang mana sama saja dengan menolak uluran kasih Tuhan. Hal ini dikarenakan setiap pelanggaran hukum diartikan sebagai dosa.  

Pembahasan:

Perubahan Sosial adalah perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat secara terus menerus, hal ini diakibatkan oleh adanya perasaan untuk berubah dan sifat manusia dimana tidak ingin berada pada satu titik tertentu dengan jangka waktu yang sangat lama. Perubahan sosial ini terjadi menjadi dua macam yaitu, perubahan statisdan perubahandinamis.

Modernisasi adalah suatu perubahan yang terjadi pada kehidupan dimana berubah dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern dikarenakan adanya perkembangan pada bidang IPTEK.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi perubahan sosial dan modernisasi pada :

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22