1. Amatilah data berikut! 2. Keterangan Jumlah produksi perusahaan asing

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskymelinda46 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Amatilah data berikut! 2. Keterangan Jumlah produksi perusahaan asing dan lokal di negara tersebut Jumlah produksi perusahaan asing di negara tersebut Jumlah pendapatan warga negara tersebut di luar negeri Penyusutan Pajak tidak langsung Pajak langsung Laba ditahan Pajak perusahaan Transfer payment luran pensiun Negara Alexa 191.520 54.900 24.000 12.000 31.800 17.280 1.560 8.220 12.600 3.840 (dalam ribuan US$) Negara Denexa 187.200 12.000 31.200 18.000 26.400 4.800 7.200 14.400 9.600 3.600 Berdasarkan data tersebut, diskusikan dengan kelompok Anda mengenai hal-hal berikut!a. Negara manakah yang termasuk negara maju? Berikan alasannya!
b. Negara manakah yang termasuk negara berkembang? Berikan alasannya! c.Hitung besamya: GNP, NNP, NNI, PI, dan DI, kemudian bandingkan antamegara tersebut!
d. Negara manakah yang paling makmur penduduknya? Berikan alasannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Negara yang maju dari soal diatas yaitu Negara Alexa karena memiliki GNP yang lebih tinggi daripada negara Denexa.
  2. Negara yang berkembang yaitu Negara Denexa karena tidak mencapai batas minimum GNP negara maju.
  3. GNP Alexa= 191.520, sedangkan GNP Denexa= 187.200
  4. Negara yang makmur adalah negara Alexa karena memiliki GNP diatas rata - rata.

Pembahasan:

Negara maju (atau negara berpenghasilan tinggi, negara industri), adalah negara berdaulat yang memiliki kualitas hidup yang tinggi, ekonomi yang maju dan infrastruktur teknologi yang canggih relatif dibandingkan negara-negara yang kurang maju lainnya. Negara-negara yang memiliki pendapatan minimal US$11.906 per tahun atau lebih dapat disebut sebagai negara maju. Umumnya, kriteria-kriteria yang digunakan untuk mengukur tingkat pembangunan ekonomi negara adalah produk domestik bruto (PDB), Pendapatan nasional bruto (PNB), pendapatan per kapita, tingkat industrialisasi, jumlah infrastruktur yang tersebar luas, dan standar hidup umum; Namun beberapa negara yang telah mencapai PDB tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status sebagai negara maju.  

Negara-negara maju umumnya memiliki ekonomi pasca-industri yang lebih maju, artinya sektor jasa memberikan lebih banyak kekayaan daripada sektor industri. Mereka kontras dengan negara-negara berkembang, yang sedang dalam proses industrialisasi atau pra-industri dan hampir seluruhnya agraris, beberapa di antaranya mungkin masuk dalam kategori negara terbelakang. Pada tahun 2015, negara maju terdiri dari 60,8% dari PDB global berdasarkan nilai nominal dan 42,9% dari PDB global berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja menurut Dana Moneter Internasional.[8] Saat ini, negara-negara maju sebagian besar berada di kawasan Eropa Barat, Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, dan Jepang.

Istilah yang terkait dengan konsep negara maju adalah "negara industri", "negara yang lebih maju (more developed country/MDC)", "negara yang lebih maju secara ekonomi" (more economically developed country/MEDC), "negara Utara Global", "negara dunia pertama", dan "negara pasca industri". Istilah negara industri bisa agak kabur, karena industrialisasi adalah proses berkelanjutan yang sulit untuk didefinisikan. Negara maju pertama adalah Inggris, kemudian Belgia. Kemudian menyebar  ke Jerman, Amerika Serikat, Prancis, dan negara-negara Eropa Barat lainnya. Namun, menurut beberapa ekonom seperti Jeffrey Sachs, kesenjangan saat ini antara negara maju dan  berkembang sebagian besar merupakan fenomena abad ke-20. Mathis Wackernagel menjelaskan bahwa tidak jelas atau tidak ada artinya untuk mengklasifikasikan negara ke dalam dua kelompok ini.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut: bank umum dan bank pengkreditan rakyat pada link berikut yomemimo.com/tugas/4882974

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Nov 22