Jelaskan Q = a + b P

Berikut ini adalah pertanyaan dari sim69sayuti pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan Q = a + b P

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam ekonomi rumus ini bisa juga dilambangkan C = a + bY

Penjelasan:

Dimana

C = Konsumsi

a = konsumsi yang wajib kita keluarkan ketika pendapatan kita = 0

Maksudnya: setiap orang mau dia tidak memiliki pendapatan pun dia pasti butuh makanan, pakaian. Ini disebut kebutuhan yang wajib dikeluarkan meskipun pendapatan kita 0. Bagaimana kita mendapatkannya nanti? Bisa dengan pinjaman dan bantuan pemerintah.

b = Kecondongan kita untuk mengkonsumsi

Maksudnya: kecondongan kita untuk mengkonsumsi dari pendapatan yang kita miliki. Misalkan kecondongan kita untuk mengkonsumsi adalah 0,8. Berarti kita akan menggunakan 80% dari total pendapatan kita dan 20% akan kita simpan atau tabung. Setiap orang memiliki kecondongannya masing-masing, ada yang biasa melakukan konsumsi 70% ada yang 90% dari total pendapatannya.

Y = Pendapatan disposible

Maksudnya: Pendapatan yang sudah kita bisa gunakan setelah dikurangi total pajak yang mesti dibayarkan. Misal pendapatan kita 1.000.000 dan pajak yang mesti dibayar adalah 50.000, maka pendapatan disposible kita ada 950.000

Semoga dimengerti dan bermanfaat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ibnuefrizal dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 18 Jun 21