2 Dalam studinya berjudul: “Pembinaan Budaya Kewarganegaraan (civic culture) Melalui

Berikut ini adalah pertanyaan dari faulllikin48 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Dalam studinya berjudul: “Pembinaan Budaya Kewarganegaraan (civic culture) Melalui Nilai-NilaiKearifan Lokal Sunda”, Obby Taufik menemukan bahwa “solidaritas dan pola pikir masyarakat adat
kampung Cireundeu dapat membentuk budaya kewarganegaraan (civic culture) pada masyarakat
modern” (https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/19575, diakses 1 November
2020)
Mencermati kasus tersebut, apakah budaya kewarganegaraan (civic culture) di tempat Anda
tumbuh sebagaimana di kampung Cireundeu?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Civic culture atau budaya kewarganegaraan dilingkunganku yaitu mengadakan kerja bakti setiap bulannya membersihkan jalanan, mengadakan giliran pos ronda, danmembentuk pemuda karang tarunasebagai wadah aspirasi para pemuda dalam membangun lingkungan dusun atau desa.

Pembahasan

Civic culture (budaya kewarganegaraan) adalah sikap dan perilaku yang dianut oleh setiap orang dalam suatu komunitas atau kelompok yang diakui oleh masyarakat dan dianggap penting oleh sekolah, masyarakat dan negara, dengan kesopanan, keterbukaan, tanggung jawab, kepedulian, dan cinta tanah air.

Budaya kewarganegaraan Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap budaya dan identitas nasional, serta mengembangkan hubungan internasional. Budaya kewarganegaraan adalah kemampuan untuk memahami dan bertindak terhadap budaya Indonesia sebagai identitas nasional.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang budaya kewarganegaraan yomemimo.com/tugas/34926398

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22