jelaskan perbedaan revolusi industri 1.0 dengan 4.0

Berikut ini adalah pertanyaan dari Rasyasi5538 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan perbedaan revolusi industri 1.0 dengan 4.0

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan revolusi industri 1.0 hingga 4.0 adalah: 

  1. Revolusi 1.0 ditandai dengan mesin uap dalam proses produksi barang. Hal ini mengubah tenaha yang terbatas seperti otot angin dan air terjun menjadi menggunakan mesin. 
  2. Revolusi 2.0 ditandai dengan produksi mobil yang membutuhkan tenaga banyak karena permintaan yang tinggi. Pada akhirnya di masa ini pabrik menggunakan tenaga listrik, sehingga pembuat mobil bekerja sesuai dengan spesialisasinya. Dikenal dengan terciptanya lini produksi atau assembly line yang menggunakan ban berjalan. 
  3. Revolusi 3.0 ditandai dengan hadirnya komputer dan robot. Dikenal juga dengan nama revolusi digital. 
  4. Revolusi 4.0 ditandai dengan adanya perpaduan kemajuan AI, robotika, internet of things (IoT), percetakan 3D, hingga rekayasa genetika. 

Pembahasan

Kehadiran revolusi industri ini bermula dari adanya masalah yang dihadapi dalam dunia kerja industri. Pada revolusi 1.0 hambatan yang dihadapi adalah produksi yang terhambat, karena tenaga yang digunakan hanya tenaga otot yang harus istirahat. Tenaga angin yang tidak fleksibel dan bergantung pada kondisi alam. Kemudian masalah yang dihadapi di industri 2.0 adalah proses produksi mobilyang tidak efektif karena satu orang merakit hingga selesai, sedangkan permintaan sangat tinggi. 

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang ringkasan industri 4.0 pada yomemimo.com/tugas/18235515

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Nov 22